Scroll to Top

Minum Kopi Lebih Enak Saat Panas atau Dingin Sekalian

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 27 May 2012

kopi

Kopi lebih enak diminum saat keadaan panas sekali atau dingin sekali. Rasa kopi yang hangat kuku malah seringkali terasa kurang nikmat. Menurut ahli biologi dari Laboratory of Ion Channel Research di Kuba, ada pengaruh proses biologis di tubuh yang membuat rasa kopi terasa enak saat suhunya tidak berada pada suhu kamar.

Karel Talavera, ahli biologi tersebut, mengatakan, indera kecap manusia akan bekerja dengan efektif  saat makanan dan minuman yang dikonsumsinya berada pada suhu kamar. Kalau suhu tersebut terlalu tinggi atau dingin, ada reseptor di lidah yang kurang mampu menerjemahkan rasa tertentu. Saat kopi berada di suhu ekstrim, rasa pahit kopi kurang bisa direspons lidah sehingga rasanya menjadi lebih nikmat.

Reseptor rasa bekerja dengan lebih sempurna pada suhu 25-30 derajat celcius. Oleh karena itu, ketika kopi mulai turun suhunya, pahitnya mulai bisa dirasakan.

“Masih ada fenomena yang belum bisa kami jelaskan. Tetapi hal itu sesuai dengan fakta bahwa persepsi rasa, menurun kemampuannya di atas suhu tertentu,” kata Talavera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda