Scroll to Top

Facebook Akan Bikin Smartphone Dengan Bantuan Bekas Insinyur Apple?

By Ditya / Published on Monday, 28 May 2012

Smartphone Facebook

Di tengah ramainya pembicaraan mengenai akuisisi Google terhadap produsen ponsel Motorola, ternyata Raksasa jejaring sosial Facebook diam-diam dikabarkan akan meluncurkan smartphone sendiri.

Nick Bilton dari The New York Time hari ini melaporkan dari sumber anonim bahwa Facebook akan merilis smartphone sendiri tahun depan.

Sumber yang dikutip Nick Bilton ini meliputi karyawan dan beberapa insinyur yang telah direkrut dan orang-orang yang mengetahui proyek smartphone Facebook.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa Facebook telah mempekerjakan 6 orang bekas insinyur hardware dan perangkat lunak Apple yang dulu bekerja untuk membuat iPhone dan iPad.

Hal ini cukup mengejutkan mengingat dulu telah beredar kabar bahwa Facebook bekerja sama untuk membuat smartphone yang terintegrasi dengan layanan jejaring sosial dengan kode nama “Buffy”.

Pada bulan Februari 2011, HTC kemudian meluncurkan dua smartphone dengan tombol khusus Facebook yaitu HTC ChaCha dan HTC Salsa.

Nick Bilton melaporkan bahwa proyek smartphone yang sedang dikembangkan oleh bekas insinyur Apple ini belum jelas spesifikasi hardware atau sistem operasi yang digunakan.

Tim insinyur tersebut juga telah bertemu dengan CEO sekaligus pendiri Facebook untuk membicarakan masalah rincian spesifikasi smartphone yang akan dikembangkan.

Seperti yang dikutip dari CNET, seorang wakil Facebook menolak berkomentar atau menkonfirmasi terkait smartphone besutan Facebook.

“Kami tidak mengomentari rumor atau spekulasi,” kata wakil Facaebook pada CNET.

Facebook saat ini memang makin menggurita dengan mengakuisisi Instagram, Lightbox dan terakhir dikabarkan berminat untuk mengakuisisi Opera.

Facebook juga meluncurkan berbagai layanan baru seperti file sharing, App Center dan yang terakhir meluncurkan aplikasi Facebook Camera.

Bisa saja smartphone yang akan diluncurkan Facebook akan menggunakan sistem operasi sendiri dan bersaing dengan smartphone lain seperti Android dan iOS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda