Scroll to Top

RIM BlackBerry Akan Pecat 2000 Karyawan

By Ditya / Published on Monday, 28 May 2012

Research In Motion

RIM (Research In Motion) selaku pembuat smartphone BlackBerry ini sedang ditimpa masalah dan merencanakan akan melakukan restrukturisasi secara global dengan memecat sekitar 2.000 karyawan diseluruh dunia.

Situs berita asal Kanada, Globe and Mail mendapatkan informasi ini dari beberapa orang yang dekat dengan perusahaan.

RIM, perusahaan yang berbasis di Waterloo, Ontario, Kanada ini memiliki sekitar 16.500 karyawan di seluruh dunia atau secara global.

Kabarnya, PHK yang akan dilakukan RIM ini meliputi semua departemen termasuk SDM, keuangan, penjualan dan pemasaran.

Seperti yang dikutip dari CNET, PHK massal RIM tersebut akan dilakukan tanggal 1 Juni mendatang sekaligus mengakhiri kuartal pertama RIM.

Laporan ini cukup berdasar karena CEO RIM sendiri, Thorstein Heins, telah mengungkapakan untuk segera mengambil tindakan untuk memperbaiki posisi RIM pada saat konferensi tanggal 29 Maret lalu.

“Sudah jelas bagi saya perubahan substansial adalah apa yang kita butuhkan,” kata CEO RIM, Thorstein Heins.

Sebelumnya beberapa petinggi RIM juga dikabarkan telah meninggalkan perusahaan seperti co-CEO Jim Balsilie dan Chief Technology Officer, David Yach dan Jim Rowan.

Pengunduran diri beberapa petinggi RIM ini sedikit banyak mempengaruhi kinerja RIM yang terus merosot.

Bahkan menurut laporan terbaru IDC, posisi produk RIM, BlackBerry makin terpuruk di pasaran global dan kini hanya menguasai 6,4 persen pangsa pasar saja.

Berbeda dengan pasar global yang mekin merosot, di Indonesia, BlackBerry justru menjadi sebuah identitas sosial dan menunjukan tingkat kemampanan seseorang, sehingga smartphone buatan RIM ini masih laris manis di Indonesia.

RIM telah memutuskan untuk melakukan restrukturisasi dengan mem-PHK 2.000 karyawan. RIM juga sedang menyiapkan amunisi untuk pasar smartphone dengan BlackBerry 10 smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda