Scroll to Top

Cannes Film Festival 2012 Umumkan Daftar Pemenang

By Arya Azhar / Published on Monday, 28 May 2012

cannes 2012

Jika Amerika punya Oscar, maka Perancis punya Cannes Film Festival.  Festival film yang juga memberikan penghargaan kepada film dan para sineas terbaik dari seluruh dunia ini baru saja diselenggarakan dari tanggal 16-27 mei 2012 yang lalu.

Seiring dengan berakhirnya Cannes 2012, Daftar film-film dan juga sineas yang behasil memenangkan Piala Terbaik di film inipun baru saja diumumkan.

Amour” meraih piala tertinggi “Film Terbaik” atau yang di Cannes biasa disebut “Palme d’Or“. Film arahan Michael Haneke ini memang telah menjadi sorotan di festival ini sejak awal, karena Sang Sutradara memang sudah terbilang langganan memenangkan Piala Cannes yaitu sebanyak 3 kali.

Haneke pernah menang di Penghargaan yang sama 3 tahun lalu lewat The White Ribbon dan tahun ini Ia mengulangi keberhasilannya lewat Amour.

Selain “Amour” film lainnya yang sukses besar di Cannes adalah film berjudul Beyond The Hills. Pasalnya film ini menjadi satu-satunya film yang meraih lebih dari 1 Piala Cannes tahun ini.

Beyond The Hill memenangkan Piala Skenario terbaik untuk Cristian Mungiu dan juga Piala Aktris terbaik yang uniknya dimenangkan oleh 2 Aktrisnya yang terlibat di film ini yaitu Cosmina Stratan dan Cristina Flutur.

Penasaran film-film apa lagi yang menang di Festival yang juga dihadiri oleh Aktris Indonesia Dian Sastro ini? Sidomi tampilkan Daftar pemenangnya berikut :

Palme d’Or (Film Terbaik) : 

AMOUR (LOVE) – Michael Haneke

Grand Prix:

REALITY (Matteo Garrone)

Award for Best Director (Sutradara Terbaik):

Carlos Reygadas (POST TENEBRAS LUX)

Award for Best Screenplay (Skenario Terbaik)

Cristian Mungiu DUPÃ DEALURI (BEYOND THE HILLS)

Award for Best Actress (Aktris Terbaik)

Cristina Flutur dan Cosmina Stratan (DUPÃ DEALURI (BEYOND THE HILLS) )

Award for Best Actor (Aktor Terbaik)

Mads Mikkelsen JAGTEN (THE HUNT)

Jury Prize

THE ANGELS’ SHARE(Ken Loach)

Caméra d’Or

BEASTS OF THE SOUTHERN WILD (Benh ZEITLIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda