Scroll to Top

Homare Sawa: Pemain Terbaik Dunia

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 18 Jul 2011

Perhelatan Piala Dunia 2011 telah usai. Jepang menyabet gelar juara sedangkan Amerika Serikat mesti gigit jari karena sekali lagi terhenti di final. Swedia berhasil meraih gelar hiburan sebagai juara ketiga. Sementara itu, para pemain yang berlaga di Jerman, menanti siapa yang kira-kira akan menjadi pemain terbaik turnamen.

Tidak mengejutkan jika akhirnya Homare Sawa terpilih sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2011. Kontribusinya untuk Nadeshiko Japan begitu luar biasa. Sebagai seorang pengatur serangan, kapten tim, dan pemakai nomor 10 yang keramat, Sawa membuktikan segalanya. Ia tidak hanya jago membagi bola, tapi juga menusuk lawan dengan gol-golnya.

Sawa tercatat menjadi top skorer dengan koleksi 5 gol. Tiga gol digelontorkannya saat Jepang menyikat Meksiko 4-0. Satu gol lahir ketika Jepang menekuk Swedia 3-1 di semifinal.

Torehan gol Sawa di timnas juga sangat impresif dengan 79 gol dari 171 pertandingan.

Prestasi puncak yang didapatkan oleh Sawa juga menjadi momen paling penting dalam sejarah hidupnya. Usia Sawa kini sudah 32 tahun. Artinya, perempuan kelahiran 6 September 1978 ini akan kesulitan jika masih ikut dalam Piala Dunia 2015.

Secara umum, sebagai pemain yang dijuluki sebagai “yang terbaik sepanjang sejarah sepakbola wanita”, gelar pemain terbaik (golden ball) dan top skorer (golden shoes) ketika timnya meraih Piala Dunia jelas sebuah penghargaan besar bagi Sawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda