Scroll to Top

Makanan dan Minuman Perusak Gigi

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 29 May 2012

periksa gigi

Kesehatan gigi mesti dijaga setiap saat. Berbagai makanan dan minuman sekarang ini banyak yang menjadi sebab munculnya masalah di gigi. Misalnya gigi berlubang atau menjadi zat yang mengundang bakteri perusak.

Mengetahui berbagai penyebab kerusakan gigi itu penting sebagai bentuk kewaspadaan. Berikut ini dijelaskan berbagai jenis makanan dan minuman perusak kesehatan gigi.

  • Produk minuman olahraga, minuman energi , susu, dan jus saat ini dikemas dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Minuman manis ini seringkali luput dari perhatian untuk segera dibersihkan dari gigi usai diminum. Biasanya, anak-anak yang tidak peduli dengan kesehatan giginya setelah minum yang manis. Apalagi balita yang dibiasakan minum susu lewat botol dot untuk meninabobokannya, punya risiko tinggi mengalami kerusakan gigi. Balita ini langsung tertidur saat sedang minum susu.
  • Makan permen. Permen membuat kondisi gigi penuh dengan larutan gula. Kalau tidak dibersihkan, gula tersebut menjadi makanan bakteri yang hidup di mulut dan memberikan reaksi asam buat enamel gigi. Hanya butuh 20 menit bagi bakteri untuk membuat keasaman dari satu kali gigitan permen. Sering menyikat gigi diperlukan untuk Anda yang suka makan permen sepanjang hari.
  • Kurangi makanan dan minuman yang kaya karbohidrat. Makanan karbohidrat akan diubah menjadi gula dan pati. Makanan berkarbohidrat yang tertinggal di gigi akan menjadi gula yang menjadi makanan empuk bagi bakteri pembuat keasaman. Gigi rusak dan berlubang menjadi taruhannya. Oleh karena itu, penting untuk menggosok gigi usai makan dan mengurangi camilan di sela dua waktu makan.
  • Hindari minum lemon. Jeruk lemon punya keasaman tinggi. Saat mengenai gigi bisa merusak enamel. Jika ingin minum dari bahan lemon, sebaiknya pakai sedotan agar bisa langsung masuk tenggorokan tanpa mengenai gigi.
  • Obat-obatan berbentuk sirup juga membuat masalah pada gigi. Obat sirup biasa disertakan dengan kandungan gula yang tinggi. Sebaiknya, bersihkan gigi usai meneguk obat sirup yang manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda