Scroll to Top

Resiko yang Bisa Timbul Jika Hamil Dengan Hipertensi

By C Novita / Published on Wednesday, 30 May 2012

Hamil hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi saat hamil dalam bahasa medis dikenal dengan preeklamsia. Kondisi ini bisa memicu beberapa resiko yang berbahaya bagi sang ibu, maupun juga bayi dalam kandungannya.

Berikut adalah beberapa resiko kesehatan yang bisa terjadi jika hamil dengan kondisi hipertensi;

1. Ibu mengalami kebutaan. Ini terjadi karena tingginya tekanan darah yang terjadi di pembuluh darah mata dan retina. Kebutaan terjadi jika pembuluh darah mata pecah. Namun jika kondisinya ringan semisal terjadi pembengkakan di otak dan mengenai syaraf mata, maka kebutaan yang terjadi hanya sementara.

2. Plasenta kurang mendapat pasokan darah. Akibatnya pertumbuhan bayi tidak maksimal dan berat badan bayi rendah karena pasokan oksigen dan nutrisi kurang.

3. Resiko terkena penyakit kardiovaskuler. Walau setelah melahirkan tekanan darah penderita preeklamsia akan normal kembali, namun dimasa depan si ibu kemungkinan akan menderita penyakit kardiovaskular.

4. Plasenta lepas sebelum waktunya. Resiko terjadinya lepas plasenta dari dinding rahim amat berbahaya. Pasokan nutrisi dan oksigen bayi otomatis terhenti, dan ibu hamil dapat mengalami perdarahan berat.

5. Bayi prematur. Karena banyaknya resiko kesehatan yang terjadi pada kehamilan dengan preeklamsia, maka sering terjadi kehamilan dipercepat dengan induksi dan bayi lahir prematur.

 

 

Sumber Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda