Scroll to Top

Hashtag Akan Hadir Di Google+?

By Ivan Azzam / Published on Monday, 18 Jul 2011

Sudah kenal dengan fitur hashtag (#) di Twitter? Kini fitur tersebut benar-benar diwujudkan oleh Google pada situs jejaring sosialnya yaitu Google+. Chris Messina selaku pembuat fitur tersebutlah yang mewujudkan ke Google+.

Hashtag adalah istilah populer yang dimulai dengan simbol #, untuk memudahkan dalam menyebut suatu label dalam tweet anda. Misalnya hashtag populer #justinbieber dimana label tersebut menyebutkan Justin Bieber dan semacamnya. Intinya penggunaan fitur ini memudahkan anda memusatkan perhatian pada konten yang anda sukai saat melakukan tweet.

Messina menganggap hashtag ini adalah cara ideal dalam menyaring stream dari Google+ mereka.

Messina mengatakan sebagai contoh, banyak pengguna sudah meminta ada fitur yang bisa menargetkan konten ke pengikut/teman mereka berdasarkan topik tertentu dan dimana mereka sama-sama tertarik, misalkan komik. Maka dari itu, Messina membawa fitur tersebut ke Google+ di post miliknya. Jadi pengguna yang suka dengan suatu topik yang sudah disebutkan dalam suatu hashtag dapat memilih dan mengikuti topik hashtag tersebut atau mengacuhkan suatu post dengan hashtag yang tidak mereka sukai.

Meski Google+ sedari awal tidak memberi fitur hashtag, bukan berarti Google akan menolaknya nanti. Google sendiri tentunya akan memperhatikan umpan balik pengguna demi perbaikan Google+ dan Google selalu memperbarui Google+.

Kemungkinan memang fitur hashtag ini akan seperti layaknya fitur + di Google+ dimana jika anda ingin melakukan tag pada seseorang cukup mengetikkan + didepan nama orang (misal +nama kamu).

Namun ada yang tidak terlalu antusias jika fitur hashtag ini dibawa ke Google+, seoran pengembang situs bernama Adrian Holovaty, seperti yang dikutip Cnet News mengatakan “Ada semacam ketidakcocokan melihat fitur Twitter dibawa ke Google+, rasanya Google+ seharusnya membuat fitur yang lebih canggih dan user-friendly lagi ketimbang hashtag.”

Google tentunya memperhatikan masukan dari semua kalangan, Ketua Teknisi Google+ Joseph Smarr mengatakan “Secara pribadi, saya menginginkan fitur ini, namun belum ada pernyataan resmi tentang ini (atau fitur-fitur lainnya di masa mendatang).

Messina menutup pernyataannya dengan mengatakan “Saya mencari cara bagaimana kita merujuk ke masalah-masalah yang sedang hangat dibahas agar bisa kita diskusikan di Google+”.

Bagaimana dengan anda, setuju fitur hashtag hadir di Google+?

(kredit gambar ke Stephen Shankland/CNET)

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda