Scroll to Top

Singkirkan Pemicu Serangan Jantung Ini dari Tubuh Anda

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 30 May 2012

serangan jantung

Meski risiko terkena serangan jantung tinggi di era modern ini, jangan biar diri Anda terlena dengan berbagai faktor yang menjadi pemicunya. Serangan jantung bisa muncul tiba-tiba. Kalau kondisi pendukung serangan ini sudah lengkap, tinggal menunggu waktu saja mengalaminya. Beberapa pencetus tersebut misalnya kolesterol tinggi dan hipertensi.

Beberapa aktivitas berikut sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Menghindarinya dapat memperkecil risiko masalah kardiovaskular ini. Apa saja itu?

  • Merokok.  Baik perokok aktif maupun pasif punya risiko sama alami serangan jantung. Racun rokok bisa mengentalkan darah sehingga aliran menjadi tidak lancar. Kalau aliran darah ke jantung terhambat, siap-siap saja terkena serangan jantung.
  • Kurang aktif bergerak. Jarang bergerak membuat banyak kerja otot jantung kurang kuat, kolesterol dan lemak menumpuk. Dengan melakukan olahraga atau bergerak 30 menit per hari bisa mengurangi risiko serangan jantung.
  • Pola makan tidak sehat. Makanan yang cenderung junk food hanya akan menambah tingkat kolesterol dalam darah meningkat dan meninggikan risiko obesitas. Lemak trans dalam makanan tersebut cukup tinggi.
  • Stres. Tekanan pikiran tidak ada baiknya buat kesehatan. Stres mempengaruhi naiknya tekanan darah, nafsu makan berlebihan, dan cenderung gelap mata melakukan banyak hal yang merugikan kesehatan termasuk urusan jantung. Selain itu, stres juga memicu stroke.
  • Mengonsumsi alkohol. Minuman memabukkan ini punya pengaruh dalam meningkatkan tekanan darah, menambah kalori, dan menyebabkan obesitas. Hindari sebisa mungkin.
  • Hipertensi. Tekanan darah tinggi menjadi pemicu langsung serangan jantung dan stroke. Saat tekanan darah meninggi dan aliran darah kurang lancar karena berbagai sebab,  bisa membuat pembuluh darah pecah yang mengakibatkan stroke. Atau, pasokan darah yang kurang lancar ke jantung menyebabkan serangan jantung. Hipertensi disebabkan dari faktor makanan dan psikis yang kurang baik. Misalnya stres atau depresi.
  • Kolesterol tinggi. Kolesterol adalah rekan baik hipertensi untuk terjadinya serangan jantung dan stroke. Kolesterol LDL  jumlahnya harus dibawah 200 mg/dl dalam darah. Kolesterol jahat disuplai dari berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda