Scroll to Top

Mobil dengan “Sopir” Otomatis Test Drive di Spanyol

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 30 May 2012

volvo sartre project

Untuk pertama kalinya, mobil yang dikendalikan secara otomatis, berjalan sendiri menempuh perjalanan 200 kilometer pada sebuah jalan tol di Spanyol. Rombongan mobil tersebut sebelumnya sudah menempuh 10.000 kilometer yang dilakukan di sebuah sirkuit.

Uji coba ini dimaksudkan untuk mempersiapkan mobil yang lebih nyaman dikendarai dan menghindarkan pengemudinya dari stress dalam berkendara. Mereka bisa tetap bekerja dalam mobil tanpa perlu mengatur setir untuk daalm bergerak. Semua dikendalikan oleh sistem yang terkomputerisasi.

Volvo-SARTRE-project

Dalam rangkaian itu, terdapat satu truk yang berada di depan dan sisanya mobil jenis sedan. Mobil yang disetir manual adalah truk. Mobil lainnya terkomunikasi dengan sistem nirkabel. Teknologi ini dikembangkan oleh Volvo yang berencana menerapkan pada mobil besutannya di masa depan.

Uji coba ini bagian dari proyek Sartre (Safe Road Trains for the Environment). Rombongan mobil itu masing-masing dibekali kamera, radar, dan sensor laser untuk mengamati gerakan mobil yang menjadi pemimpin di depan dan mobil lain di sekitarnya.

Test drive bisa disaksikan lewat vide berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda