Scroll to Top

Iran Kembangkan Perangkat Lunak Untuk Tangkal Serangan Flame

By Ditya / Published on Wednesday, 30 May 2012

Malware Flame

Setelah kemarin (29/05/2012) malware canggih Flame dikabarkan menyebar dan mencuri data-data sensitif, maka Iran segera mengembangkan tool atau perangkat lunak untuk menangkal serangan malware Flame.

Iran diyakini cukup terpukul akibat serangan malware Flame yang menginfeksi jaringan dan mencuri berbagai data sensitif negara tersebut.

Berbagai perusahaan keamanan mengakui bahwa malware Flame adalah salah satu ancaman paling kompleks yang pernah dilihat.

Iran National Computer Emergency Response Team (Maher) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa alat deteksi dan pembersihan malware telah selesai dikembangkan sejak awal Mei lalu dan siap digunakan dan didistribusikan untuk mengurangi resiko infeksi.

Flame pertama kali ditemukan oleh salah satu lembaga PBB, International Telecommunication Union (ITU) yang meminta bantuan perusahaan kemanan untuk mengetahui apa yang sedang mencuri data dari komputer di Timur Tengah.

Menurut Sophos, Flame mencari tahu perangkat kemanan apa yang digunakan di mesin target dan menyamarkan dirinya sebagai file komputer biasa dan anti-virus biasa tidak akan dapat mendeteksi.

Sampai saat ini belum jelas siapa yang membuat malware Flame, tapi menurut para ahli keamanan, berdasarkan kompleksitasnya menunjukan bahwa malware ini dibuat oleh negara tententu, bukan sekedar ulah iseng hacker.

Kaspersky, perusahaan keamanan asal Russia, mengatakan bahwa jumlah infeksi yang dilaporkan dari berbagai negara :

  • Iran, 189 kasus infeksi.
  • Israel dan Palestina, 98 kasus infeksi.
  • Sudan, 32 kasus infeksi.
  • Suriah, Libanon, Mesir dan Arab Saudi juga dikabarkan terkena serangan dengan jumlah yang lebih kecil.

Serangan malware Flame ini mengingatkan pada serangan malware Stuxnet yang diyakini dibuat untuk merusak sistem nuklir di Iran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda