Scroll to Top

Cara Aman Mendahului Kendaraan

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 30 May 2012

iringan mobil

Berada di jalan yang padat sering membuat kesal. Sebagian kendaraan melaju dengan pelan, sementara yang lain sudah cukup jauh meninggalkan. Akhirnya, berada di belakang mobil yang melaju pelan menimbulkan niat untuk mendahului.

Jangan serampangan dalam mendahului kendaraan lain di depan Anda. Salah perhitungan, Anda bisa terserempet atau berpapasan dengan kendaraan lain yang melaju dari arah berlawanan. Taruhannya adalah nyawa.

Oleh karena itu, menyalip kendaraan juga punya etika. Dan, berikut ini cara yang aman dalam mendahului kendaraan seperti ditulis laman Trafficsigns.

  • Saat mobil di depan Anda berhenti, pelankan kendaraan sembari mengambil jalur di sisi kendaraan. Waspadai kemungkinan pemilik mobil membuka pinu dan adanya penyeberang jalan yang melintas lewat kendaraan di depan Anda tadi. Inilah pentingnya kendaraan Anda mesti dipelankan.
  • Urungkan sebentar niat untuk menyalip jika sedang melintas jembatan, melewati tikungan, saat pandangan ke depan tidak maksimal, melalui area penyeberangan, melintas di rel kereta api, atau melihat ada larangan untuk mendahului.
  • Kalau Anda yang akan didahului kendaraan lain dari belakang, bersikaplah bersahabat. Anda jangan menambah kecepatan hingga kendaraan tersebut berada di depan Anda. Kalau dia butuh ruang gerak, sebaiknya Anda agak sedikit menepi. Menghormati sesama pamakai jalan itu penting dalam mencegah kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda