Scroll to Top

Risiko Kanker Payudara Intai Wanita yang Bekerja di Malam Hari

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 30 May 2012

wanita

Wanita yang terbiasa bekerja di tengah malam punya risiko tinggi mengalami kanker payudara. Kemungkinannya bahkan meningkat sampai empat kali lipat. Penyebabnya adalah terganggunya pola tidur yang akhirnya mengganggu kerja hormon melatonn dalam melakukan detoksifikasi racun di tubuh. Padahal, homon ini hanya diproduksi saat kondisi tubuh lelap tanpa ada cahaya. Demikian menurut studi dari Denmark Cancer Society.

Ancaman ini melakat pada wanita yang sering kena shift malam. Mereka 40 persen lebih berisiko mengalami masalah kanker payudara dibanding yang bekerja saat siang. Sementara itu, wanita yang menghabiskan satu pekan untuk bekerja  malam tiga kali atau lebih selama enam tahun berturut-turut, potensi kena kanker payudara meningkat dua kali.

“Hasil penelitian menunjukkan sering kerja shift malam meningkatkan risiko untuk kanker payudara. Dan risiko menjadi lebih tinggi saat durasi shift malam berlangsung lebih lama,” dikutip Dr Johnni Hansen, sang peneliti, seperti dikutip Mirror.

Bekerja malam hari mengganggu jam biologis seseorang. Jika dilakukan sesekali saja mungkin tidak terlalu berpengaruh. Namun, kalau sudah menjadi rutinitas  untuk bekerja hingga tengah malam, bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda