Scroll to Top

PSSI Belum Berhasil Merangkul ISL

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 30 May 2012

PSSI

Upaya PSSI untuk menyelesaikan masalah dualisme kompetisi belum berhasil. PT Liga Indonesia selaku operator Liga Super Indonesia/Indonesia Super League (ISL) belum memberikan respons positif atas upaya rekonsiliasi.

Seperti yang dilansir oleh Berita Jatim, Saleh Ismail Mukadar, Deputi Sekjen PSSI bidang Kompetisi, menyiratkan pihaknya kesulitan mengajak PT Liga Indonesia (PT LI) untuk ‘duduk bersama’.

“Sejauh ini, kami sudah mencoba untuk mengakui mereka. Bahkan, pemain mereka pun sudah kita terima dengan tangan terbuka di Timnas (tim nasional Indonesia). Namun, yang namanya pengakuan itu (datang) dari dua pihak. Kalau kita mengakui, tapi yang sana (PT Liga Indonesia dan ISL) tidak, kan tidak bisa juga.”

Menengok kembali ke belakang, sebelum kompetisi bergulir, menurut PSSI, PT LI sudah dibubarkan dan digantikan oleh PT LPIS. Namun, seiring dengan perjalanan waktu PT LI, bersama 18 klub yang menolak untuk berlaga di kompetisi resmi PSSI, IPL —yang direncanakan terdiri dari 24 klub—, meluncurkan ISL 2011-12. Akhirnya ISL diikuti 18 klub, sedangkan IPL berjalan dengan 12 klub.

Dualisme kompetisi ini sudah disoroti FIFA sejak Desember. Upaya rekonsiliasi pun sudah beberapa kali dilakukan oleh PSSI. Mulai dari pengakuan ISL dalam Kongres Palangkaraya, hingga diperbolehkannya pemain-pemain dari ISL untuk memperkuat timnas Indonesia, baik dalam Turnamen Al-Nakbah maupun dalam laga persahabatan melawan Internazionale. Terakhir, pemain ISL diizinkan bertanding melawan Filipina dalam laga ujicoba awal Juli ini.

Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada titik cerah untuk membawa pihak ISL ‘dalam satu meja’ menjelang batas waktu yang ditentukan FIFA pada 15 Juni 2012 mendatang.

(Berita Jatim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda