Scroll to Top

Ngerinya Dampak Melakukan Aborsi Ilegal

By C Novita / Published on Wednesday, 30 May 2012

Janin

Aborsi menurut definisinya adalah pengeluaran hasil konsepsi (pertemuan sel telur dan sperma) sebelum janin dapat hidup di luar kandungan. Bagi wanita yang melakukan aborsi dengan cara yang tidak sesuai dengan prosedur medis, maka dampaknya dapat sangat mengerikan.

Bahkan kadang menimbulkan kematian atau juga rusaknya fungsi alat reproduksi wanita secara permanen. Itu tentu adalah kerugian yang sangat besar bagi pihak wanita.

Mereka yang memilih aborsi dengan cara ilegal ini biasanya tidak menginginkan kehamilannya dengan alasan malu sebab belum menikah, atau alasan ekonomi, karena telah memiliki banyak anak.

Diantara dampak mengerikan aborsi ilegal itu adalah;

  •  Jika dilakukan menggunakan alat-alat tidak standart dan tajam misalnya lidi, ranting pohon, atau yang lainnya, maka resiko rahim robek atau luka besar sekali.
  •  Rahim yang lebih dari 3 kali diaborsi berisiko jadi kering, infeksi, atau bahkan memicu tumbuhnya tumor.
  •  Aborsi ilegal yang dilakukan oleh orang yang tidak ahli, dapat menyebabkan proses kuretasi tidak bersih, hingga terjadi perdarahan hebat.
  •  Peralatan yang tak steril akan memicu munculnya infeksi di alat reproduksi wanita, bahkan sampai ke usus.
  •  Bagi pelaku, rasa berdosa yang timbul karena aborsi dapat menyebabkan mereka menderita depresi, berubah kepribadiannya jadi introvert, serta sering tak bisa menikmati hubungan seksual jika telah menikah.
  •  Jika pelaku aborsi kelak hamil kembali dengan kehamilan yang diinginkan, maka kehamilan tersebut ada kemungkinan besar akan bermasalah, atau janin dapat mengalami masalah pada mata, otak atau alat pencernaannya.

 

 

Sumber DetikHealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda