Scroll to Top

Pengumuman Kelulusan SMA: 99,5% Lulus

By Ria Tanisa / Published on Thursday, 31 May 2012

ujian nasional

Ujian kelulusan SMA tahun 2012 ini telah usai dilaksanakan. Pengumuman pun telah diberikan secara serentak pada hari Sabtu (26/5/2012) lalu. Tahun ini, angka kelulusan siswa SMA/MA di Indonesia mencapai 99,5%.

“Angka kelulusan tahun 2012 untuk siswa SMA dan MA 99,50 persen. Pesertanya 1.524.704 siswa. Pengumuman serentak 26 Mei,” ujar Mendikbud, M Nuh, di Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta,beberapa waktu yang lalu.

Menurut Mendikbud, pengumuman memang dilakukan oleh sekolah masing-masing. Hal tersebut dikarenakan yang menjadi penentu kelulusan bukan hanya nilai UN murni melainkan juga nilai dari sekolah.

“Masalah online atau offline (pengumumannya), yang kita punya itu nilai UN murni. Sedangkan kelulusan itu bukan hanya UN murni. Ada nilai dari sekolah. Jadi kelulusan itu ditentukan institusi pendidikan masing-masing,” tuturnya.

Tentang kecurangan yang terjadi selama UN, pihaknya mengaku kesulitan jika laporan diberikan setelah pelaksanaan UN usai. Oleh karena itu, dirinya berharap jika nantinya masih ada yang ingin memberikan laporannya, maka sebaiknya disampaikan juga waktu dan tempatnya secara jelas.

“Juga jangan kunci jawaban abcd, tapi naskah soalnya (juga diberikan). Tapi sampai batas waktu tertentu naskah soal tidak disampaikan,” ucap Nuh.

Mendikbudpun mengibaratkan kecurangan UN yang dilakukan pasca ujian berlangsung layaknya handball dalam pertandingan sepakbola. Meskipun demikian, dirinya juga mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang bersedia membantu melaporkan kecurangan UN.

“Dikatakan handball saat peluit panjang ditiup, jadi ngasih kartu kuningnya susah. Yang kita inginkan naskah, bukan jawaban abcd,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda