Scroll to Top

SNMPTN 2012 Bisa Dilihat di www.kemdiknas.go.id bukan www.kemdiknas.co.id

By Ria Tanisa / Published on Thursday, 31 May 2012

SNMPTN

Banyak orang yang mencoba mencari informasi mengenai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional atau yang sering disingkat SNMPTN lewat internat dengan membuka situs resmi Kementrian Pendidikan yaitu www.kemdiknas.go.id.  Sayangnya, tak jarang yang salah dengan membuka www.kemdiknas.com atau www.kemdiknas.co.id.

Kemdiknas sendiri telah mengeluarkan pengumuman resmi mengenai jadwal SNMPTN 2012. Ada dua jalur dalam SNMPTN kali ini, yaitu jalur undangan yang hasilnya telah diumumkan pada tanggal 28 Mei 2012 lalu dan jalur tertulis di mana hari Kamis (31/5/2012) ini merupakan hari terakhir pendaftaran yang dilakukan secara online.

Jalur undangan adalah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan. Jalur ini melibatkan sekolah dalam penyaringannya karena siswa yang berhak mengikuti seleksi jalur undangan adalah siswa yang berprestasi di sekolahnya.

Seleksi jalur undangan ini telah dilakukan sejak tanggal 9 hingga 15 Mei 2012, sedangkan pengumumannya dilakukan pada hari Senin (28/5/2012) lalu. Untuk pendaftaran ulang bagi peserta yang diterima akan dilangsungkan tanggal 12-13 Juni 2012 mendatang.

Sedangkan jalur tertulis adalah mekanisme seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui ujian tertulis dan keterampilan yang dilakukan serentak secara nasional. Pendaftaran jalur tertulis sudah dimulai pada tanggal 10 Mei 2012 lalu dan berakhir pada hari Kamis (31/5/2012) ini.

Pelaksanaan ujian tertulis akan dilakukan secara serentak selama dua hari yaitu tanggal 12 dan 13 Juni 2012. Sedangkan ujian keterampilan dilakukan tanggal 14 dan/atau 15 Juni 2012. Sedangkan pengumuman ujian akan diberikan pada tanggal 7 Juli 2012 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda