Scroll to Top

Dana Hibah 8,5 Miliar Untuk Startup dari Ford Foundation Indonesia

By Admin / Published on Tuesday, 19 Jul 2011

gatotkaca-gantengFord Foundation Indonesia bekerjasama dengan Wikimedia Indonesia, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) dan ICT Watch membentuk Yayasan Cipta Media Bersama yang akan menghadiahkan 8,5 miliar rupiah untuk startup Indonesia yang terpilih.

Kriteria startup antara lain penyedia materi (konten), teknologi, aksi, pemantau, mediator, dan strategi kreatif terpadu yang secara lokal membuka akses dan menawarkan solusi untuk masalah sosial masyarakat melalui media.

Topik yang dicari mencakup:
– Meretas batas / kebhinneka-an bermedia
– Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media
– Kebebasan dan etika bermedia
– Pemantauan media

Kategori hibah meliputi:
Konten lokal
Teknologi tepat guna
– Pembela
– Aksi
– Pemantau media
– Kemitraan
– Strategi kreatif

Tim yang akan menilai dan membantu seleksi terdiri dari para pakar yang sudah tidak asing lagi. Seperti Onno W Purbo & Shinta Bubu (praktisi internet), Wimar Witoelar (tokoh media), Nia Dinata (sutradara & produser), Merlyna Lim (pengajar & peneliti), Johar Alam (founder IDC), Yanuar Nugroho (pengamat ekonomi & politik), Anggara (praktisi hukum) dan Yoris Sebastian (konsultan kreatif).

Simak wawancara Onno W Purbo dengan Siska, salah satu anggota tim seleksi pada acara peluncuran resmi Program Hibah Media Bersama pada Jumat (15/7) di kantor Ford Foundation, Jakarta.

[youtube dp5tjUuZiF0 640 360]

Program ini terbuka bagi individu, kelompok, komunitas maupun institusi dengan ide yang bisa membawa perbaikan perilaku konsumsi media lokal. Silahkan kirimkan proposal melalui link berikut: ciptamedia.org/aplikasi-hibah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda