Scroll to Top

Pengunjung Facebook Dari Google Dan Bing Menyusut

By Ditya / Published on Thursday, 31 May 2012

Statistik

Baru-baru ini dikabarkan bahwa pengunjung Facebook yang berasal dari mesin pencari Google dan Microsoft Bing menyusut drastis.

Seperti yang dikutip dari CNET, PageLever merilis data statistik yang menunjukan jumlah pengunjung Facebook yang berasal dari referensi Google dan Microsoft Bing.

PageLever memperkirakan menyusutnya pengunjung Facebook yang berasal dari Google ini disebabkan oleh fiitur pencarian Google yang disebut “Search Plus your World” yang diluncurkan Google lima bulan lalu.

Peluncuran fitur “Search Plus Your World” oleh Google ini tidak hanya mengecewakan banyak kompetitornya, namun juga mengecewakan jejaring sosial populer, Facebook.

Bagaimana cara kerja Search Plus Your World milik Google ini? Cara kerjanya adalah menyesuaikan hasil pencarian dengan mengintegrasikan konten dari Google+ ke hasil pencarian pengguna.

Tak hanya itu, Search Plus Your World inijuga menambahkan hasil pencarian pengguna dengan tips relevan, foto dan posting dari teman.

Sementara itu pihak Facebook dan Twitter menuduh usaha Google dengan fitur barunya ini untuk meningkatkan Google+ namun menurunkan kualitas hasil pencariannya.

Anehnya, jumlah pengunjung Facebook yang berasal dari Bing juga menyusut, padahal Bing tidak menerapkan fitur seperti Google.

Lalulintas pengunjung Facebook dari Google mengalami penurunan hingga 51%, sedangkan lalulintas pengunjung Facebook yang berasal dari Bing menurun hingga 59%.

Jika memang penurunan ini disebabkan oleh Google Search Plus Your World, mengapa yang berasal dari Bing juga menurun drastis? Sampai saat ini masih belum jelas sebabnya.

“Rujukan lalulintas Facebook dari Google dan Bing mulai menurun sejak 7 Januari, itu 3 hari sebelum Google meluncurkan Search Plus Your World. Hal ini tentu mencurigakan, tidak jelas mengapa lalulintas dari Bing juga anjlok,” kata Jeff Widman, pendiri PageLever.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda