Scroll to Top

Barcelona Tidak Akan Menambah Penyerang Musim 2012-2013?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 31 May 2012

Barcelona

Lionel Messi, David Villa, Cristian Tello, Isaac Cuenca, Pedro Rodriguez, Alexis Sanchez, dan Ibrahim Afellay. Tujuh penyerang Barcelona tampaknya cukup bagi Tito Vilanova untuk mengarungi musim depan. Seperti yang dirilis Marca, pelatih anyar Barcelona memberi sinyal tidak akan merekrut penyerang baru.

Musim lalu, Barcelona berada dalam dua sisi sekaligus. Pada satu sisi, mereka mampu mencetak 190 gol dalam 64 pertandingan; tersubur sepanjang sejarah. Namun, di sisi lain, jumlah gol yang demikian banyak, tidak diimbangi dengan produktivitas lini depan yang mencengangkan, kecuali Lionel Messi.

King Leo berkibar dengan 73 golnya. Di bawah Messi ada Alexis Sanchez dengan 14 gol —-Cesc Fabregas dan Xavi Hernandez tidak dihitung karena bermain sebagai gelandang—-. Kemudian, diikuti Pedro Rodriguez yang baru panas di akhir musim dengan 13 gol, David Villa (9 gol), Cristian Tello (7 gol), Isaac Cuenca (4 gol), dan Afellay yang cedera sepanjang musim, 0 gol.

Perbedaan antara jumlah gol Messi dan Alexis, sang top skor kedua, mencapai 59 gol. Sebuah hal yang cukup jomplang, namun bisa dimaklumi dengan cederanya David Villa. Malah, Isaac Cuenca dan Cristian Tello mampu mengisi pos penyerang dengan gol-gol mereka; yang kadang diselingi oleh kehadiran Andres Iniesta dan Cesc Fabregas.

Lionel Messi

Musim 2012/2013, tampaknya sektor penyerang tidak butuh tambahan. Tito Vilanova bisa mengoptimalkan peran David Villa dan Pedro Rodriguez. Dan tentu saja duo anak muda, Cuenca plus Tello, bisa menambah daya serang.

Satu yang tidak boleh dilupakan, adalah rencana pada musim 2013/2014. Bukan tidak mungkin Neymar akan datang ke Camp Nou, dan Bojan Krkic pulang ke tanah asalnya jika Roma tak menyiapkan dana besar.

Masalah utama, bukan jumlah penyerang alias tambahan penyerang baru. Melainkan, seberapa besar para penyerang di sebelah Lionel Messi mendapatkan peluang menembak. Jumlah gol yang begitu masif dari King Leo, tak lain karena sekitar 1/3 hingga 1/2 tembakan Barcelona dalam setiap laga, berasal dari Lionel Messi.

(Marca)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda