Scroll to Top

Google+ Tambah Fitur Subtitles dan Caption Video

By Ibnu Azis / Published on Friday, 01 Jun 2012

Google+ Tambah Fitur Subtitles dan Caption VideoGoogle telah menambahkan fitur subtitle dan caption di video yang dipublikasikan melalui Google+. Seperti apakah dua fitur tersebut?

Fitur subtitles atau fitur terjemahan adalah sebuah fitur yang memungkinkan pemirsa video tersebut untuk mengerti bahasa yang terucap dalam tulisan teks yang tersedia di dalam video tersebut.

Fitur subtitles bukan pula difungsikan untuk menerjemahkan bahasa asing saja. Bagi mereka yang mengalami masalah pendengaran, sering memanfaatkan fitur subtitles.

Sedangkan caption adalah sebuah fitur yang memungkinkan untuk menambahkan sebuah diskripsi singkat tambahan atau penaman dari sebuah video yang sedang ditayangkan.

Penambahan dua fitur ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk lebih menayangkan video yang relevan dan jumlah pemirsa yang lebih luas, yang tidak terbatas akan masalah bahasa.

Kedua, fitur ini bukan hanya sekadar penerjemahan bahasa, namun ingin menjangkau pemirsa yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran (tuna rungu).

Lantas bagaimana cara penambahan dua fitur tersebut? James de Boer salah satu staff Google dalam laman Google Plus-nya menjelaskan sebagai berikut:

  • Pertama, buka salah satu video Anda dalam mode Lightbox View (dari tab video di laman profil Google+ Anda).
  • Kedua, klik Option yang terletak di sebelah kiri bawah screen dan kemudian pilih Closed Caption.
  • Ketiga, klik Add New Captions atau Transcript di detail video dan kemudian pilih video Anda.
  • Keempat, jika video Google+ telah memiliki fitur caption, sila klik tombol CC untuk mengaktifkannya (serupa dengan fitur CC di Youtube).

Di laman Google+ video help menjelaskan, jika subtitles akan bekerja dengan maksimal dalam format SubViewer (.sub) dan SubRip (.srt).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda