Scroll to Top

Facebook dan Google Berminat Akuisisi Vevo

By Ibnu Azis / Published on Friday, 01 Jun 2012

Vevo

Facebook dan Google dikabarkan serius tertarik untuk mengakuisisi Vevo, sebuah situs web video musik yang diluncurkan pada 8 Desember 2009 silam.

Vevo sendiri adalah merupakan hasil bersama beberapa major label kenamaan dunia. Sebut saja Sony Music Entertaintment, Universal Music Group, dan Abu Dhabi Media bersama EMI.

Vevo menyajikan video musik dari empat besar major label rekaman dunia. Selain nama-nama diatas, masih ada Warner Music Group yang memertimbangkan untuk menyediakan konten bagi Vevo.

Vevo saat ini hanya tersedia di enam wilayah: Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya (UK), Australia, Selandia Baru, dan Irlandia. Jumlah video yang tersedia di Vevo tercatat mencapai 26.000 lebih klip musik.

The New York Post melaporkan, jika saat ini Facebook dan Google tengah berkompetisi untuk berinvestasi di Vevo. Kompetisi ini dalam dua bentuk: kepemilikan saham dan kesepakatan iklan.

CEO Vevo Rio Caraeff sendiri menyambut baik ketertarikan dua raksasa internet ini. Ia berpendapat akan memertimbangkan tawaran mereka.

“Perusahaan tidak akan menaruh telur pada keranjang yang sama. Memiliki investor eksternal bisa membantu membiayai ekspansi kami,” terang Rio Caraeff.

The Next Web menuliskan jika ketertarikan Facebook dan Google disinyalir akibat berakhirnya kesepakatan Vevo dengan Youtube pada penghujung akhir tahun ini.

Dengan kemitraanannya dengan Youtube, Vevo mendapatkan imbalan sepertiga dari pendapatan iklan yang ditayangkan di situs tersebut.

“Vevo berencana memasuki enam negara baru dan membutuhkan suntikan dana. Ada tiga kemungkinan: menemukan investor, menjual usaha, atau go public,” pungkas Rio Caraeff.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda