Scroll to Top

20 Alasan Mengapa Harus Berpindah ke Google+

By Ibnu Azis / Published on Friday, 01 Jun 2012

Kelebihan Google+

Masih enggan untuk beralih ke Google+? Infographic Labs telah mengumpulkan data mengapa Google+ memiliki nilai plus dari jejaring sosial sejenis. Dan berikut diantaranya.

Terintegrasi dengan Google Service

Google+ telah terintegrasi dengan produk dan layanan Google. Sebut saja Picasa, Blogger, Youtube, Gmail, bahkan Android. Dengan demikian Anda akan mendapatkan pengalaman yang kaya ketika menggunakan Google+ jika dibandingkan jejaring sosial lainnya.

Google+ Circles

Bagi dan terima updates dari teman serta rekan yang Anda kehendaki. Di Twitter serta Facebook memiliki fitur list. Dan Google+ memiliki fitur serupa yang tak kalah interaktifnya. Fitur tersebut adalah Circles.

Aplikasi mobile yang lebih baik

Google+ mobile application memiliki desain yang lebih baik dan mantab serta diyakini memiliki proses muat yang amat cepat. Jika Anda pengguna device Android, sangat dianjurkan menggunakan Google+ tatkala mobile.

Kelola berkas secara suka-suka

Dengan Google’s data, Anda bisa mengelola berkas secara suka-suka. Berkas dan data bisa Anda ‘bawa’ kemana saja. Kini Google telah memiliki fitur Google Drive. Sebuah layanan penyimpanan di ‘awan’.

Photo Tagging

Facebook juga memiliki fitur serupa. Namun Photo Tagging dengan Google+ menawarkan privasi yang lebih baik serta fitur facial recognition.

Google+ Hangouts

Inilah fitur unggulan dari Google+. Meski Facebook juga memiliki fitur serupa (bekerjasama dengan Skype), dengan fitur Hangouts Anda bisa ber-video calling dengan lebih dari satu pengguna. Dan bahkan video ini bisa di-broadcast secara live dan disimpan otomatis di Youtube.

Pengaturan privasi

Google+ memiliki pengaturan privasi yang lebih baik daripada Facebook. Dan Google menjamin jika data Anda tidak akan ‘bocor’ serta tersebar di dunia maya.

Pengaturan profil

Di Google+ Anda dapat mengatur profil dengan simple dan cepat. Dan bilamana Anda telah memiliki Google profil sebelumnya, maka profil tersebut dapat diintegrasikan dengan mudah.

Terintegrasi dengan Chrome

Pengguna peramban Google Chrome dan sekaligus pengguna Google+ akan semakin dimanja dengan hadirnya beberapa ekstesi yang secara khusus diciptakan  untuk Google+. Anda dapat menambahkan ekstensi tersebut dalam peramban Google Chrome.

Hot Topic

Fitur ini ada di Twitter dan Facebook (trending article). Namun trending topic atau hot topic di Google+ memiliki kelebihan tersendiri. Selain mampu men-tracking hot topic, Anda bisa mengaturnya.

Penelusuran yang lebih baik

Google+ memiliki mesin penelusuran secanggih dan secermat mesin penelusuran Google. Jadi Anda tak perlu menyangsikan hasil penelusuran di Google+.

Notifikasi yang mengagumkan

Google+ memiliki fitur notifikasi yang berbeda dengan notifikasi yang ada di jejaring sosial lainnya. Notifikasi Google+ sangat elegan dan dipisahkan dalam beberapa kategori tertentu. Sehingga tab ini (notifikasi) tak akan dijejali dengan pemberitahuan sampah.

No more friend request

Salah satu hal yang menyebalkan adalah menanggapi permintaan pertemanan.  Jika permintaan tersebut menumpuk, kita harus menklik tombol menerima satu demi satu secara manual. Di Google+ hal tersebut tidak akan dijumpai.

Google+ sangat ‘ringan’ dan sederhana

Keunggulan Google+ adalah fiturnya yang meninimalis namun dengan kemampuan yang maksimal. Google+ sangat sederhana dalam tampilan dan sangat ‘ringan’. Sehingga proses muat sangat cepat dan Anda dapat dengan nyaman berinteraksi di Google+.

Tanpa iklan

Jengkel dengan iklan yang sering muncul di Facebook? Di Google+ Anda tak akan menjumpainya (untuk saat ini). Namun Google+ tetap akan memunculkan iklan dengan tampilan dan target pengguna yang lebih baik di masa mendatang.

Aplikasi dan permainan yang lebih baik

Terkadang game Facebook memunculkan notifikasi dan permintaan yang sangat mengganggu. Di Google+ Anda tidak akan menjumpainya.

Safer sharing

Google+ menawarkan fitur filter yang lebih baik tatkala membagikan konten di jejaring sosial ini. Google+ akan menanyakan penyaringan teman yang akan dibagikan sebelum konten tersebut dibagikan.

Maksimal untuk bisnis

Dengan membuat Google+ page untuk brand atau perusahaan, akan memerbaiki rangking Anda di mesin penelusuran Google. Ini berarti Google+ wajib bagi mereka yang ingin mencoba marketing daring di internet.

Single post muting

Ingin ‘mendiamkan’ salah satu pengguna di Google+? Mute saja postingan pengguna tersebut. Dengan fitur mute, Anda bisa mengabaikan segala postingan yang ia terbitkan di Google+.

Tampilan dan pengolahan foto yang lebih baik

Tak hanya sekadar tampilan foto yang lebih baik (photo galleries), Google+ juga menawarkan fitur pengolahan foto. Selain itu Google+ juga memiliki fitur mobile uploading.

Jumlah member Google+ saat ini baru menyentuh 100 juta pengguna. Dan Infographic Labs melaporkan jika dari total pengguna Google+ tersebut 69,3% adalah laku-laki serta 29,3% adalah wanita.

Dengan pelbagai data diatas, masihkah Anda enggan untuk mencoba Google+? Tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda