Piala Super Spanyol

Piala Super Spanyol tahun depan, 2013, tidak akan digelar digelar di kandang masing-masing klub Spanyol. Pilihan terletak di Bejing National Stadium China, atau yang kita kenal sebagai Stadion Sarang Burung.

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), melalui Sekretaris Jenderalnya, Jorge Perez Arias, telah menandatangani perjanjian agar pertandingan Piala Super Spanyol dapat digelar di China.

Namun, laga Piala Super Spanyol yang dimaksud, bukanlah duel antara Barcelona vs Real Madrid pada tahun 2012 ini, melainkan pertarungan Piala Super Spanyol pada tahun 2013 mendatang.

Tidak hanya setahun, perjanjian ini akan mengikat Piala Super Spanyol untuk dipentaskan di Negeri Tirai Bambu selama 7 tahun. Titel yang digunakan bukan lagi Supercopa de Espana, tetapi  Supercampeón de España.

Duel  Supercampeón de España yang seperti biasa, akan mempertemukan juara Liga Spanyol dan Piala Raja ini akan digelar di Beijing National Stadium. Stadion yang berjuluk Sarang Burung ini memiliki kapasitas untuk 80.000 penonton.

Stadion Nasional Beijing

Bagi kompetisi Spanyol, perebutan gelar pramusim ini memang yang pertama kali diselenggarakan di China. Namun, tidak demikian bagi negara yang mejadi penyelenggara Supercampeón de España. Sebelumnya, Piala Super Italia atau Supercoppa Italiana sudah dua kali digelar di China, yaitu pada 2009 dan 2011.

Untuk tahun ini, kembali Stadion Sarang Burung menjadi tempat digelarnya Piala Super Italia yang mempertemukan Juventus dengan Napoli. Antusiasme penonton China sendiri, sangat tinggi untuk menyaksikan duel yang pastinya dari segi bisnis, sangat menguntungkan ini.

(Mundo Deportivo)