Android 2.3 Gingerbread, Versi Android Yang Paling Banyak Di Pakai

Chart Android

Google Android saat ini memang merajai pasar smartphone dengan penguasaan 52% pangsa pasar, mengalahkan Apple iOS dan RIM BlackBerry .

Rilis terakhir sistem operasi Google Android adalah versi 4.0 dengan kode nama Ice Cream Sandwich yang pertama kali diperkenalkan pada 19 Oktober 2011 lalu.

Meski Android 4.0 adalah Android versi termutakhir, namun sampai saat ini versi yang paling banyak dipakai adalah Android versi 2.3 Gingerbread.

Data ini berasal dari pengembang Google Android yang melacak nomor versi perangkat Android yang mengakses Google Play. Para pengembang rutin melakukan cek seperti ini setiap satu atau dua bulan.

Berdasarkan data pengembang, saat ini Android 2.3 Gingerbread menguasai 65% dan disusul Android 2.2 Froyo dengan perolehan 19,1% dari seluruh Android yang beredar.

statistik

Posisi ketiga ditempati oleh Android versi terbaru, Android 4.0 Ice Cream Sandwich dengan perolehan 7,1% kemudian disusul oleh Android 2.1 Eclair.

Seperti yang dikutip dari situs pengembang Android, posisi kelima diduduki oleh Android 3.1 Honyecomb dengan perolehan 2,7% kemudian disusul Android versi lawas, Android 1.6 Donut dan Android 1.5 Cupcake.

Angka ini memang tidak sepenuhnya menggabarkan jumlah popilasi berbagai versi Android, karena data ini berasal dari akses perangkat di Google Play.

Banyak pihak yang menanyakan mengapa Android terbaru, Andrid 4.0 Ice Cream Sandwich hanya mendapatkan posisi ketiga dengan 7,1% saja?

Beberapa analis memperkirakan sedikitnya populasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini tak terlepas dari dukungan produsen smartphone dan tablet.

Tidak semua produsen smartphone memberikan fasilitas update dari Android versi lama ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich, hal inilah yang membuat posisinya terpuruk ditempat ketiga.

Sementara itu Android 2.3 Gingerbread mendominasi dengan menguasai 65%, hal ini wajar mengingat Android 2.3 Gingerbread keluar lebih dulu dan dianggap cukup matang jika dibandingkan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Komentar Anda

Leave A Response