Yuki-Kato

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) semakin garang dengan segala macam bentuk tayangan di Indonesia. Setelah menyoroti program Deddy Corbuzier, Hitam Putih yang dianggap melanggar hak perlindungan anak saat episode dengan bintang tamu Desy Ratnasari dan anaknya, kini KPI juga menegur iklan jajanan, Chocolatos yang dibintangi Yuki Kato. Kenapa?

Dilansir Tabloid Bintang, dalam surat bernomor 333/K/KPI/05/12, KPI Pusat mengimbau bahwa siaran yang melibatkan anak – anak wajib mengikuti ketentuan peraturan perundang – undangan dan etika yang mengatur hal tersebut. Dan dalam kasus iklan Chocolatos yang dibintangi Yuki Kato, pihak pembuat iklan tidak mengindahkan hal tersebut.

Iklan Chocolatos versi Yuki Kato yang ditegur adalah versi Chocolatos dingin. Yuki yang membuka lemari es, tiba – tiba dikagetkan dengan adanya adiknya yang sedang ada di dalam lemari es tersebut. Yuki yang bingung lantas bertanya kenapa si adik masuk ke dalam lemari es. Dan dengan polosnya si adik menjawab :

“Makan Gery Chocolatos, Kak. Katanya kalau masuk dalam kulkas, lebih enak!”

Yuki yang langsung mengerti maksud adiknya, kemudian mengambil satu Chocolatos yang digenggam adiknya dan kembali menutup kulkas tanpa mengeluarkan adiknya terlebih dahulu.

KPI Pusat sebelumnya juga menerima pengaduan serupa dari Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) dengan nomor surat No. 1051/UM-PP/V/2012 tertanggal 29 Mei 2012. P3I menganggap iklan tersebut akan berpotensi melanggar Etika Pariwara Indonesia.

Simak iklan Yuki Kato dan Chocolatos Dingin berikut dan berikan tanggapan Anda.