Scroll to Top

Tips Berbelanja Saat Berlibur

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 06 Jun 2012

shopping

Musim panas adalah waktu yang menyenangkan untuk liburan. Kendala cuaca bisa dibilang cukup kecil menghalangi perjalanan berekreasi di tempat tujuan. Masa ini juga cocok dijadikan untuk liburan bersama keluarga.

Hanya saja, biasanya kala melakukan perjalanan tidak lepas dari aktivitas belanja. Walhasil, bisa-bisa uang bulanan hanya tersedot untuk belanja beberapa hari di tempat wisata. Agar ini tidak terjadi, perhatikan tips berikut ini:

  • Buat prioritas. Berbagai barang di tempat tujuan seringkali unik dan menarik untuk dimiliki. Namun, Anda tetap harus mengutamakan prioritas memilih barang yang benar-benar diperlukan. Kalau pun ada yang barang yang kurang bermanfaat tapi menarik untuk dibeli, berikan batasan anggaran tertentu agar tidak kebablasan berbelanja. Termasuk pula, jangan tergoda dengan iming-iming diskon 50 persen.
  • Tidak berlebihan. Pikirkan untuk membatasi keranjang belanja Anda. Berlebihan membeli barang akan merepotkan Anda selama perjalanan pulang, selain juga menguras kantong. Apalagi, jika Anda berpergian dengan kendaraan sendiri, barang-barang itu akan sulit dibawa.
  • Cek harga tidak di satu tempat. Jika Anda menginginkan produk di suatu tempat, cobalah untuk mengecek harganya antara toko satu dengan yang lain. Biasanya ada selisih harga yang mungkin cukup banyak dengan kualitas barang yang sama.
  • Pastikan kualitas barang. Kadangkala, banyak barang palsu di tempat tujuan berlibur. UNtuk itu, kenali ciri khusus pada barang yang Anda cari agar tida mendapat barang palsu yang berkualitas buruk. Biasanya, barang palsu atau tiruan dijual sangat miring.
  • Menawar barang. Kalau toko atau kios memperbolehkan untuk menawar, jangan lewatkan kesempatan itu.Tawarlah dengan harga nilai wajar sehingga Anda dan pedagang sama-sama mendapatkan untung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda