Scroll to Top

Euro 2012: Spanyol Bisa Jadi Inspirasi Belanda

By Wan Faizal / Published on Sunday, 10 Jun 2012

Belanda 0-1 Denmark, Euro 2012

Hasil menyakitkan diraih Belanda saat mereka kalah 0-1 dari Denmark di laga pertama mereka di Grup B Euro 2012. Hasil tersebut tentu memberatkan langkah Oranje untuk lolos dari fase grup. Namun untuk hal yang satu itu, agaknya Belanda bisa mencontoh Spanyol.

Di Piala Dunia 2010 lalu, Spanyol yang merupakan juara Euro 2008 menjadi salah satu favorit untuk bisa menggondol trofi. Namun apa daya, di laga pertama menghadapi Swiss, sebuah gol tunggal dari Gelson Fernandes sudah cukup untuk membawa Swiss meraih tiga poin.

Tamatkah nasib Spanyol? Tentu saja tidak. Mereka mampu bangkit dengan memukul Honduras dan Chile di laga berikutnya. Selanjutnya, Portugal, Paraguay, Jerman, dan Belanda tak bisa menghentikan langkah Spanyol untuk berpesta di akhir turnamen.

Kisah Spanyol tersebut tentu bisa menjadi pelajaran bagi Belanda. Kuncinya adalah, mereka harus bisa menang saat melawan Jerman di laga berikutnya.

Tak mudah memang untuk mengalahkan Jerman. Namun sama seperti Spanyol 2010, Belanda memiliki para pemain yang sedang on-fire seperti Robin van Persie, Arjen Robbe, Rafael Van der Vaart, ataupun Klaas Jan Huntelaar.

Kesamaan lainnya adalah, Belanda datang ke Euro 2012 dengan status finalis di turnamen besar sebelumnya, sama seperti Spanyol saat itu.

So, kekalahan di laga awal belumlah menjadi akhir dari segalanya. Menarik untuk dinantikan apa yang bisa diperbuat anak asuh Bert van Marwijk di laga selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda