Scroll to Top

Obrolan yang Perlu Dihindari Saat Kencan Pertama

By Ilham Choirul / Published on Monday, 11 Jun 2012

kencan

Mulutmu harimaumu. Begitula peribahasa yang mengingatkan untuk selalu menjaga lisan dari ucapan yang bisa menyakiti orang lain dan membuat diri sendiri dalam kesulitan. Termasuk dalam berkencan, percakapan pun sebaiknya tetap dijaga agar tidak menjadi bumerang dalam hubungan. Ucapan yang tidak berkenan benar-benar seperti kilatan pedang yang membuat sakitnya hati dalam jangka panjang.

Untuk yang baru pertama kali kencan, ucapan mesti harus sangat dijaga. Kencan pertama ibarat membuka jalan untuk memahami pasangan lebih lanjut. Lebih baik bermain aman pada kencan pertama ini. Pilihlah topik yang cenderung lebih umum dulu dibanding langsung menguak secara detail informasi pribadi kekasih.

Terkait topik pembicaraan, sebaiknya hindari untuk membahas hal-hal berikut ini:

  • Terlalu banyak memberi kalimat pujian. Pujian memang menunjukkan rasa hormat pada pasangan. Tapi, kalau terlalu sering juga akan membosankan dan Anda terlihat seperti penjilat yang hanya bisa melihat dari fisik saja.
  • Membicarakan sang mantan. Urusan dengan sang mantan sebaiknya buang jauh-jauh dari topik.  Baik dalam perkenalan maupun sudah terjalin hubungan, cerita tentang sang mantan hanya akan menjadi kompor pemicu percekcokan. Jadikan kisah sang mantan sebagai bagian masa lalu.
  • Banyak membual tentang diri sendiri. Tidak perlu terlalu jumawa dengan menyeritakan kehebatan diri Anda. Itu malah bisa membuat suasana menjadi memuakkan. Kalau ingin menyeritakan keunggulan diri Anda, sampaikan dengan mimik dan kalimat yang sederhana, tapi tidak terkesan menyombongkan diri. Intinya, tetaplah rendah hati.
  • Menyampaikan persoalan rencana masa depan. Mungkin terlalu dini jika kencan pertama langsung membahas soal kelanjutan hubungan di masa depan. Persoalan menikah bicarakan saat Anda dan dia benar-benar sudah siap untuk membahasnya. Kadang orang begitu takut membahas masa depan hubungan saat masih di awal pertemuan.
  • Mengungkit kekurangan dan cacat. Setiap orang punya kekurangan. Tidak sepantasnya Anda membahas kekurangan itu saat berkencan. Misalnya, kekasih Anda bertubuh gemuk. Maka, tidak perlu Anda menyuruhnya untuk berdiet. Ini akan membuatnya bad mood.
  • Masalah uang. Mengetahui berapa gaji sang kekasih mungkin menarik. Tapi, kalau kencan pertama sudah membicarakan hal tersebut, sepertinya bakal merusak kencan pertama Anda. Anda terlihat serakah dengan menanyakan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda