Scroll to Top

Biasa Begadang Bisa Kena Stroke Lho!

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 12 Jun 2012

begadang

Temuan baru dari Universitas Alabama di Birmingham ini menjadi peringatan bagi orang-orang yang terbiasa tidur malam atau suka begadang. Pasalnya, peneliti menemukan ada kaitan antara tubuh yang kurang beristirahat malam dengan risiko terkena stroke. Hasil ini makin menguatkan banyak faktor pencetus stroke, selain dari tingginya kolesterol maupun faktor hipertensi.

Disarankan, untuk menghindari stroke, tidur malam sebaiknya minimal enam jam. Kurang dari itu, risiko stroke akan meningkat. Risiko ini banyak ditemukan pada usia menengah hingga tua. Dan, risiko bisa terjadi pada orang-oranng yang tidak punya risiko stroke sebelumnya, tidak mengalami obesitas, maupun tidak tidur dengan kondisi apnea. Artinya, risiko ini bisa mengancam siapa pun yang kurang jam tidur malam.

“Orang-orang ¬†yang tidur kurang dari enam jam memiliki empat kali peningkatan risiko mengalami gejala stroke dibandingkan dengan teman-teman mereka yang mendapatkan (tidur) tujuh hingga delapan jam,” kata Megan Ruiter, peneliti Universitas Alabama di Birmingham, seperti dikutip Huffington Post.

Tidur malam yang cukup pendek diketahui menjadi faktor pemicu beberapa hal ketidakstabilan tubuh. Misalnya meningkatnya tekanan darah, memacu peradangan, dan memengaruhi hormon metabolik. Ini menjadi beberapa hal yang turut menjadi pencetus terjadi stroke pada semua orang.

Oleh karena itu, kata peneliti, temuan ini sekaligus menjadi petunjuk untuk memberikan terapi bagi orang yang sudah kena gejala stroke. Tidur yang cukup menjadi salah satu jalan agar gajala tersebut bisa diminimalisasi. Stroke datangnya tidak terduga.

“Banyak orang mengatakan bahwa hal-hal (yang menyebabkan) stres dan jadwal tidur ketat adalah hal pertama yang bisa dikorbankan,” kata Ruiter. “Ternyata, itu jauh lebih bermasalah dari yang kita perkirakan sebelumnya.”

Jadi, mari atur waktu tidur malam lebih baik untuk kesehatan yang prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda