Scroll to Top

Facebook Security Verification! Modus Baru Penipuan FB

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 13 Jun 2012

Facebook Security VerificationFacebook Security Verification!, pernah menerima permintaan ini? Jika iya, Anda wajib berhati-hati. Sebab permintaan tersebut adalah modus baru dalam penipuan FB atau lazim disebut dengan Facebook scam.

SidomiNews beberapa waktu lalu pernah menulis tentang FB scam yakni Facebook Verification. Sekilas namanya serupa dengan Facebook Security Verification!. Hanya minus kata security.

Namun modusnya hampir sama. Anda akan menerima permintaan tersebut dan jika telah menkliknya akan dibawa ke laman aplikasi. Nah di laman ini proses scam berlangsung.

Dikutip dari Kompas, Rabu (11/06/12), tatkala di laman aplikasi tersebut Anda akan diminta untuk mengirim request ke teman-teman Facebook. Dan langkah ini menurut aplikasi tersebut sebagai proses verifikasi.

Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi survei online. Pemilik atau pembuat aplikasi tersebut diduga memeroleh uang tiap kali pengguna Facebook mengisi survei tersebut.

Lantas apa maksud aplikasi ini meminta korbannya untuk melakukan verifikasi dalam Facebook Security Verification? Aplikasi tersebut mencoba memeringatkan pengguna Facebook jika akun mereka sedang diretas oleh hacker.

Dan untuk mencegah proses peretasan tersebut, Anda sebagai pengguna harus memverifikasi akun Facebook di aplikasi yang ditunjuk – Facebook Security Verification!.

Lantas apa yang harus dilakukan jika memeroleh permintaan verifikasi kemanan akun Facebook tersebut? Sangat sederhana. Pertama, hiraukan permintaan tersebut. Jangan Anda menkliknya. Jika terlanjur menklik, segera tinggalkan laman ini.

Kedua, informasikan ke teman-teman Anda agar jangan menanggapi permintaan serupa. Coba tengok pengaturan aplikasi Anda. Cek satu demi satu aplikasi yang digunakan. Jika ada aplikasi yang mencurigakan atau tak lagi digunakan, segera hapus (putuskan) sambungannya dengan Facebook.

Patut diingat pula jika semua aplikasi di Facebook memerbolehkan pembuat aplikasi untuk mengakses (menarik) data personal penggunanya. Dengan demikian, pencurian data dari Facebook bisa dilakukan di aplikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda