Scroll to Top

Nokia Rugi 500 Juta Euro Tahun Ini

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 21 Jul 2011

Kabar buruk bagi perusahaan raksasa telekomunikasi asal Finlandia, Nokia. Nokia dilaporkan tahun ini rugi sebesar 500 juta Euro. Jika mengingat ke masa lalu, Nokia adalah pabrikan ponsel sejak pertengahan 1980. Pada 1996, produk Communicator generasi pertama dari Nokia populer di seluruh dunia yaitu Nokia 9000 Communicator. Lalu semua itu seperti dikalahkan oleh Apple, apalagi kalau bukan dengan produk unggulannya iPhone yang dirilis pada 29 Juni 2007. Posisi Nokia sebagai produsen smartphone pun tergeser. Apalagi posisi Nokia semakin tergerus dengan hadirnya smartphone populer lain, sebut saja Android sebagai contoh.

Seperti dilaporkan di situs resmi Nokia, yang dikutip Techcrunch, Nokia telah rugi sebesar 487 juta Euro kuartal pertama tahun ini. Nokia hanya untung sebesar 295 juta Euro tahun lalu di awal kuartal.

Penjualan juga turun sebesar 7% dari 11% pada tahun lalu ke 9,275 milyar Euro saat akhir kuartal tahun lalu. Pendapatannya turun 45% ke 0,06 Euro, atau 54%. Tahun lalu Nokia memiliki pendapatan bersih sebesar hampir 1 milyar Euro, namun kini Nokia memiliki utang sebesar 176 juta Euro.

Penjualan yang turun antara lain produk smartphone, ponsel biasa ataupun handset namun paling mengecewakan adalah produk smartphone.

Penjualan perangkat pintar Nokia turun 33% atau sebesar 2.368 milyar Euro dari sebelumnya 3.503 milyar tahun lalu.

Nokia berencana menyelamatkan dirinya seperti yang dikatakan CEO Nokia Stephen Elop bahwa Nokia akan mengeluarkan perangkat Windows Phone, padahal belum tentu bisa menyelamatkan dari dominasi iPhone dan Android.

Apalagi Apple ternyata berencana mengeluarkan iPhone versi murah seperti layaknya ponsel low-end ala Nokia. Ini semakin memperburuk keadaan Nokia nantinya.

Intinya, Nokia perlu mengeluarkan produk yang mampu menyaingi iPhone dan Android secepatnya. Meski Symbian sudah dilepas Nokia, namun Nokia punya potensi dengan produk Meego miliknya yang berbasis Ubuntu Linux namun itu belum resmi dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda