Scroll to Top

Prediksi Polandia vs Ceko: Hadapi Ceko, Polandia Andalkan Trio Dortmund

By Wan Faizal / Published on Saturday, 16 Jun 2012

Robert Lewandowski

Tuan rumah Polandia akan menjalani laga sengit di partai pamungkas Grup A Euro 2012 dengan melawan Ceko. Berada di posisi ketiga dengan raihan dua poin, hanya kemenangan lah yang akan mengantar Polandia lolos ke babak perempat final. Demi mewujudkan ambisi tersebut, Polandia akan kembali mengandalkan trio pemain asal Borussia Dortmund, yakni Robert Lewandowski, Jakub Blaszczykowski, dan Lukasz Piszczek.

Peran ketiganya di tim asuhan Franciszek Smuda tersebut memang tidak main-main. Tengok saja dua laga pertama Polandia di Grup A kala bersua Yunani dan Rusia.

Di laga pembuka, gol tunggal Polandia dilesakkan oleh kepala Lewandowski. Gol tersebut tercipta setelah Piszczek dan Blaszczykowski bekerjasa sama di sisi kanan dan diakhiri oleh kiriman umpan Blaszczykowski ke dalam kotak penalti.

Di laga kedua, giliran sang kapten, Blaszczykowski, yang mencatatkan namanya di papan skor dengan gol yang sangat luar biasa. Namun kali ini umpan tidak berasal dari kompatriotnya di Dortmund, melainkan dari Ludovic Obraniak.

Dari data statistik juga membuktikan bahwa Blaszczykowski dan Piszczek yang beroperasi di sisi kanan penyerangan Polandia terlihat sangat dominan saat menyerang dibanding lini lainnya.

Piszczek-Blaszczykowski

Tercatat, 42% serangan Polandia berasal dari sisi kanan yang mereka tempati. Persentase tersebut unggul jauh dari sisi kiri yang mencapai 31% dan lini tengah yang hanya 27%.

Kini, aksi-aksi Piszczek dan Blaszczykowski tentu akan sangat diandalkan Smuda guna mengirim umpan-umpan matang pada Lewandowski yang berdiri sendiri di lini depan, seperti ketiganya bermain di Dortmund.

“Tidak mudah memang bermain sendirian di depan. Tapi saya yakin bisa mencetak gol saat bertemu Ceko. Sekarang mari kita berharap bisa menang dan lolos ke perempat final. Saya yakin kami bisa melakukannya,” ujar sang tukang gedor, Lewandowski.

Menarik untuk dinanti, apakah ketiganya mampu membantu negaranya berjaya di Euro 2012 ini, seperti yang mereka lakukan pada Dortmund dalam dua tahun terakhir ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda