Scroll to Top

Jelang Polandia vs Ceko: Dilema Seorang Franciszek Smuda

By Wan Faizal / Published on Saturday, 16 Jun 2012

Szczesny-Tyton

Pertarungan hidup dan mati akan dilakoni Polandia dalam laga versus Ceko yang akan digelar beberapa jam lagi di Grup A Euro 2012. Namun, pelatih Franciszek Smuda dilanda kebingungan tentang siapa yang akan mengawal gawang timnya nanti mengingat Wojciech Szczesny yang merupakan kiper utama tim sudah bisa bermain lagi.

Szczesny bermain di laga pertama Polandia lawan Yunani. Namun ia hanya “betah” berada di lapangan selama 68 menit setelah ia diganjar kartu merah karena menjegal Dimitris Salpingidis di penalty box Polandia.

Lantas, posisinya saat itu digantikan oleh Przemyslaw Tyton yang langsung membuat hal fantastis dengan menepis sepakan penalti Giorgios Karagounis. Setelahnya, Tyton juga bermain cemerlang kala Polandia bermain seri lawan Rusia di laga kedua.

Kini, setelah Szczesny menyelesaikan larangan bermainnya, Smuda seperti mengalami dilema tentang siapa kiper yang akan ia mainkan. Di satu sisi Szczesny adalah kiper nomor satu Polandia. Namun di sisi lain, Smuda tentu tak bisa mengenyahkan jasa Tyton kala Szczesny absen.

Szczesny, yang merupakan kiper Arsenal berharap ia bisa dimainkan oleh Smuda ketika ia menyelesaikan larangan bermainnya.

“Ini semua bergantung pada pelatih tentang siapa yang bermain melawan Ceko. Tyton bermain sangat bagus saat lawan Rusia, jadi bisa saja ia mendapat tempat,” ujar Szczesny.

“Saya berharap bisa bermain dan menjadi bagian dari skuad. Tapi sekali lagi saya katakan, saya tidak punya hak untuk menentukannya.”

Smuda sendiri secara tersirat mengatakan tidak ingin mengubah susunan pemain timnya saat melawan Rusia untuk partai menentukan versus Ceko.

“Saya tentu ingin menurunkan susunan pemain seperti saat melawan Rusia. Tak ada alasan untuk mengganti skuad yang tidak mengalami kekalahan. Namun untuk penjaga gawang, pastilah bukan saya yang akan memerankannya,” canda Smuda.

Well, menurut Anda, siapa sebaiknya dipasang Smuda? Szczesny atau Tyton?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda