Scroll to Top

PSSI: Kompetisi Musim Depan Bisa Dikelola Pihak Asing

By Aditya / Published on Monday, 18 Jun 2012

PSSI Rekonsiliasi

Rencana penyatuan Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL) menjadi sebuah kompetisi baru tampaknya sudah menjadi pertimbangan serius bagi PSSI. Bahkan, PSSI menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan kompetisi domestik untuk musim depan akan dikelola oleh pihak asing.

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, mengatakan, ditunjuknya pihak asing yang profesional dan bebas dari keberpihakan mungkin diperlukan untuk mengelola kompetisi yang lebih fair. Sebagaimana diketahui, ISL dan IPL dikelola oleh dua pihak yang berbeda, yaitu PT Liga Indonesia untuk ISL dan PT Liga Prima Indonesia Sportindo untuk IPL.

“Usulan untuk menjaga independensi dan fairness bisa saja ditunjuk operator yang berisi pihak profesional dari konsultan asing yang berpengalaman,” tandas Djohar Arifin Husin, di Jakarta, Minggu (18/6/2012).

Kendati demikian, Djohar Arifin Husin tetap menyerahkan sepenuhnya tentang kompetisi musim depan kepada keputusan Komite Gabungan atau Joint Committee yang berisikan perwakilan dari PSSI, KPSI, dan PT Liga Indonesia. Jika AFC menyetujui, PSSI pun akan menindaklanjutinya.

“Pada prinsipnya apabila hal tersebut merupakan keputusan terbaik dari Joint Committee dan berdampak positif dan disetujui oleh Task Force AFC, kami akan mempertimbangkannya,” ujar Djohar Arifin Husin.

Dibentuknya kompetisi baru yang merupakan hasil penggabungan dari ISL dan IPL memang menjadi salah satu amanat Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah disepakati sebelumnya, begitu juga dengan pembentukan Komite Gabungan untuk menyelesaikan kisruh di persepakbolaan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda