Scroll to Top

Hasil Pertandingan Euro 2012: Akhir Yang Menyesakkan Bagi Slaven Bilic

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 19 Jun 2012

Slaven Bilic

Kekalahan 0-1 yang diderita Kroasia atas Spanyol di laga terakhir Grup C Euro 2012 memang sangat menyesakkan bagi semua awak Kroasia. Terutama bagi pelatih Slaven Bilic yang terpaksa mengakhiri kariernya sebagai pelatih timnas negaranya dengan kekalahan plus tersingkir lebih awal dari turnamen.

Sebelum turnamen di Polandia-Ukraina ini digelar, Bilic memang telah mengutarakan keinginannya untuk tak memperpanjang masa baktinya bersama timnas.  Waktu enam tahun menukangi Ivan Rakitic dkk dirasa sudah cukup oleh pelatih berusia 43 tahun itu.

Meski kecewa dengan kekalahan yang diderita, Bilic tetap memuji penampilan anak asuhnya yang ia nilai sangat memuaskan di Euro 2012 ini.

“Saya ingin member selamat pada para pemain. Mereka sudah berjuang keras, namun sayangnya kami tidak beruntung. Kami sudah mencoba semuanya. Bertahan, menekan mereka, lalu menyerang. Tapi itu semua tak cukup,” ucap Bilic usai laga kontra Spanyol.

“Kami datang ke Euro kali ini dengan tujuan ingin menang, namun hal itu tak terwujud. Tapi tak masalah, kami meninggalkan kesan yang apik.”

Enam tahun menangani Vatreni, Bilic memang meninggalkan sejumlah “warisan”. Dari komposisi pemain, Bilic lah yang mempromosikan pemain sekelas Luka Modric, Vedran Corluka, dan Eduardo da Silva ke skuad senior saat ia menangani timnas.

Bilic jualah yang menciptakan sensasi pada gelaran Euro 2008 ketika ia menjadi pelatih termuda disana. Di babak kualifikasi, Bilic dan anak asuhnya juga “berjasa besar” atas kegagalan Inggris lolos ke turnamen di Austria-Swiss itu.

Bilic

“Ini adalah generasi terbaik yang kami miliki. Para pemain masih bisa berkembang lagi dan mereka akan meraih hasil yang lebih bagus di masa mendatang.”

Setelah ini, pelatih yang juga memiliki grup band rock di negaranya itu akan menangani salah satu klub Rusia, Lokomotiv Moscow.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda