Scroll to Top

Inggris vs Ukraina 1-0: Ukraina Gagal Susul Prestasi Belanda

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 20 Jun 2012

Fans Ukraina

Dalam sejarah, Euro 2012 adalah untuk ketiga kalinya dimana turnamen digelar di dua negara, yakni Polandia dan Ukraina. Dua edisi terdahulu dimana dua negara menjadi tuan rumah terjadi pada tahun 2000 (Belanda-Belgia) dan 2008 (Austria-Swiss). Uniknya, dari keenam negara tersebut, hanya Belanda yang pernah merasakan lolos dari fase grup.

Ya, fakta tersebut memang tak terbantahkan. Baik Polandia maupun Ukraina gagal memanfaatkan dukungan luar biasa dari fans mereka. Dua pertandingan awal, Polandia mampu meraup dua poin dari Yunani dan Rusia. Alih-alih ingin menyabet tiga poin di laga terakhir, mereka malah keok dari Ceko dan memastikan diri sebagai juru kunci Grup A.

Ukraina yang menjadi satu-satunya harapan setelah tersingkirnya Polandia gagal mewujudkan ekspektasi yang ada. Di babak penyisihan grup D, Ukraina yang sempat menyambut asa berkat kemenangan atas Swedia di laga pertama, pada akhirnya harus mengubur mimpinya setelah di dua laga berikutnya takluk dari Prancis dan Inggris.

Andriy Yarmolenko (biru)

Situasi yang sama terjadi empat tahun lalu. Swiss yang menjadi tuan rumah juga tampil mengecewakan. Mereka hanya mampu meraih tiga poin di fase grup berkat kemenangan atas Portugal dan dua kekalahan dari Ceko serta Turki. Hasil itu sudah cukup untuk membawa Swiss menjadi juru kunci.

Sementara Austria sedikit lebih baik daripada “rekannya” tersebut. Posisi tiga berhasil mereka raih, walau mereka tak pernah menang di penyisihan grup.  Kala itu, Austria hanya mendapat satu poin dari Polandia, namun tumbang atas Jerman dan Kroasia.

Sedangkan di Euro 2000, kegagalan Belgia lolos dari fase grup masih bisa “dibalas” oleh Belanda yang secara sempurna meraih tiga kemenangan dari tiga pertandingan saat itu.

Well, selain kualitas tim yang memang tak cukup baik, apakah ini merupakan kutukan tersendiri bagi negara yang menyandang tuan rumah bersama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda