Scroll to Top

SIMBaby, Robot Bayi untuk Sarana Latihan Dokter dan Ahli Bedah

By Baihaki / Published on Friday, 22 Jun 2012

SIMBaby

Sebuah robot bernama SIMBaby baru saja diperkenalkan oleh rumah sakit Rady Children. Mereka baru saja membeli robot bayi tersebut seharga $40 ribu USD dan ditempatkan di bagian Neonatal Intensive Care Unit.

Dengan keberadaan bayi robot ini, para perawat, dokter ataupun ahli bedah dapat melakukan latihan dengan aman. Mereka bisa melakukan pembedahan ataupun diagnosis tanpa harus berinteraksi dengan pasien. Mereka cukup menggunakan robot SIMBaby sebagai pengganti pasien.

Robot ini memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai simulasi kesehatan. Dari detak jantung yang abnormal, pernapasan yang terganggu dan lain – lain. Bagi para dokter atau ahli kesehatan profesional, robot bayi ini pun bisa memberikan prosedur latihan yang lebih tinggi agar lebih siap menghadapi situasi sebenarnya.

Menurut Dr Charles Sauer yang merupakan Direktur Simulasi di Rumah Sakit Ray mengatakan bahwa keberadaan robot ini menghadirkan banyak keuntungan.

“Memiliki simulator yang realistis memberikan kami kesempatan untuk lebih siap dalam menghadapi kondisi darurat kapan pun. Jadi, bila kami telah siap dengan sebuah simulator, maka kami sudah siap ketika terjadi di kehidupan nyata,” ujar Sauer seperti dikutip dari Ubergizmo.

Robot ini memang sangat unik dan canggih. SIMBaby ini mampu bernapas secara buatan dan memiliki detak jantung yang teratur. Bahkan robot bayi ini pun bisa diberi saluran infus seperti pada bayi manusia sebenarnya. Untuk melihat kondisi dari simulator bayi ini, terdapat sebuah monitor yang mampu merekam hasil simulasi. Tentunya dengan adanya monitor tersebut, para trainee bisa menentukan keputusan dan melihat efek samping dari tindakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda