Scroll to Top

Urusan Bunuh Diri, India Cukup “Jago”

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 23 Jun 2012

bunuh diri

Tindakan bunuh diri mungkin kerap terdengar dilakukan oleh orang Jepang atau Korea. Di Jepang, orang melakukan bunuh diri bukan hanya karena masalah ekonomi. Ada semacam “budaya” yang mendorong untuk bunuh diri karena ulah yang tidak bisa dimaafkan lagi, misalnya melakukan korupsi. Di Korea juga sedang marak aksi bunuh diri dari beberapa artis ternama di sana. Tapi, tahukah Anda? Angka bunuh diri terbanyak di dunia sebenarnya dipegang oleh negara India.

Dikutip BBC jurnal medis The Lancet, dari seluruh angka kematian yang ada di India, sekitar tiga persennya diakibatkan karena bunuh diri. Pelakunya dari berbagai usia dengan rentang 15-29 tahun. Tahun 2010 saja, sudah tercatat sekitar 187 ribu kasus orang bunuh diri di sana. Jumlah ini dua kali lipat dari kematian karena HIV/AIDS. Meskipun India sebagai salah satu negara berkembang, ternyata masalah kemiskinan bukanlah penyebab kenekatan aksi mengakhiri hidup ini.

Diperkirakan, faktor gangguan mental yang membuat banyak warga India merasa sempit hidupnya. Depresi, frustrasi, dan masalah mental lainnya saat ini semakin mendapat perhatian dari pemerintah India. Dan, kebanyakan pelaku bunuh diri di India ada di daerah pedesaan. Pilihan untuk mati seringkali ditemukan dengan cara gantung diri dan meminum racun pestisida. Dari korban yang ada, 56 persen adalah wanita dan sisanya adalah pria.

Secara global, ada aktivitas bunuh diri satu juta orang per tahun menurut laporan dari WHO. Terjadi peningkatan 45 persen dalam 45 tahun belakangan . Sementara itu, menrut WHO, penyebab umum orang bunuh diri adalah depresi, ketagihan alkohol, dan tekanan di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda