Scroll to Top

Google Perkenalkan Nexus Q, Media Streamer Untuk YouTube Dan Google Play

By Ditya / Published on Thursday, 28 Jun 2012

Nexus Q

Di ajang Google I/O Conference, Google tak hanya memperkenalkan tablet Google Nexus dan sistem operasi terbaru Android 4.1 Jelly Bean, Google juga memperkenalkan Nexus Q.

Seperti yang dikutip dari Anandtech, Nexus Q ini memiliki desain bulat futuristik berwarna hitam dengan LED yang menyala di bagian tengahnya, sekilas membuat orang bertanya-tanya, perangkat apakah ini?

Nexus Q adalah media streamer berbentuk bulat seperti bola yang berfungsi untuk media streaming dari Google Play, Google Music dan juga YouTube, hanya itu? Tidak, perangkat ini menyimpan beragam fungsi didalamnya.

Anda dapat menghubungkan perangkat ini ke tablet Google Nexus atau TV untuk menikmati streaming musik atau video dari Google Play dan YouTube. Nexus Q ini dapat digunakan sebagai pemutar musik saja atau pemutar musik dan video, tergantung kebutuhan pengguna.

Sementara itu dibagian belakang perangkat Nexus Q terdepat berbagai macam port antara lain Optical TOSlink, port audio 5.1, microHDMI, dan port LAN atau Ethernet.

Apa yang ada didalam Nexus Q ini? Sebuah chip Texas Instruments IMAP4460 SoC (System on Chip), chip ini juga terdapat di tablet Galaxy Nexus. Nexus Q ini dibekali memori RAM sebesar 1GB, Wifi, Bluetooth dan NFC.

Nexus Q ini terhubung dengan internet melalui WiFi dan melakukan streaming video dan musik dari Google Play Store. Nexus Q akan men-download file multimedia dalam penyimpanan yang berkapasitas 16GB yang berfungsi sebagai cache yang menyimpannya selama 24 jam.

Pengguna dapat menggunakan perangkat yang menggunakan NFC untuk men-download setting aplikasi untuk Nexus Q, kemudian pengguna akan dapat terhubung dengan Google Play Store.

Setting aplikasi Nexus Q ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol Nexus Q dan memungkinkan untuk mengontrol tema visualisasi yang dipancarkan LED Nexus Q.

Nexus Q ini telah mendukung pemutaran HD video 1080p dan harga yang ditawarkan perangkat ini adalah sekitar $299 atau Rp. 2,8 jutaan dan mulai dipasarkan pertengahan Juli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda