Scroll to Top

Virus Android Tulari Lebih dari 100 Ribu Handset di Cina

By Baihaki / Published on Saturday, 07 Jul 2012

Android Malware
TrustGo Mobile, sebuah perusahaan security menemukan bahwa terdapat 100 ribu handset Android di Cina yang terinfeksi virus Android terbaru. Virus tersebut adalah sebuah malware bernama Trojan!MMarketPay.A@Android.

Sebagaimana sebuah aplikasi berbahaya lain, virus Trojan yang satu ini pun demikian. Dan, jika handphone Anda terinfeksi virus yang satu ini, maka Anda akan mendapati pulsa Anda habis secara tiba-tiba. Hal tersebut terjadi karena aplikasi malware ini akan secara otomatis mengunduh berbagai aplikasi berbayar dan konten video.

CEO TrustGo Mobile, Xuyang Li mengatakan bahwa penyebaran virus ini sangat cepat. Bahkan, setiap pengguna handphone, tablet atau perangkat Android lainnya memiliki potensi untuk terinfeksi virus ini. Baik yang ada di Cina ataupun di luar Cina. Dan, tak menutup kemungkinan bahwa korban virus ini saat ini mencapai angka lebih dari 100 ribu. Hal ini cukup beralasan, karena mereka menemukan 100 ribu handset yang terinfeksi tersebut pada 4 Juli lalu.

TrustGo juga mengatakan bahwa terdapat kemungkinan aplikasi berbahaya ini juga menjalar dengan menggunakan nama lain. Berikut adalah daftar nama yang kemungkinan dipakai oleh aplikasi ini:

  • com.mediawoz.goweather
  • com.mediawoz.gotq
  • com.mediawoz.gotql
  • cn.itkt.travelskygo
  • cn.itkt.travelsky
  • com.funinhand.weibo
  • sina.mobile.tianqitong
  • com.estrongs.android.pop

Untuk menghindari agar handphone atau tablet Android Anda dari virus ini, pihak TrustGo Mobile menyarankan agar Anda menginstall sebuah aplikasi mobile security untuk berjaga-jaga. Selain itu, tentunya Anda juga harus berhati-hati dalam memilih sebuah aplikasi. Ada baiknya Anda memilih sebuah aplikasi dengan rating yang tinggi serta komentar yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda