Scroll to Top

Jose Mourinho Masih Mempertahankan 10 Pemain Inti Real Madrid 2 Tahun Lalu

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 10 Jul 2012

Real Madrid

Jose Mourinho memasuki tahun ketiga menangani Real Madrid. Namun, ia belum melakukan pembaruan revolusioner. Kemungkinan, musim 2012-2013 mendatang, The Special One masih mempertahankan 10 pemain inti Real Madrid dua tahun lalu, ketika ia pertama kali menangani Los Blancos.

Dua musim sudah Jose Mourinho menancapkan kukunya di Santiago Bernabeu. Dua gelar sudah dipersembahkan: Piala Raja di musim pertama, dan Liga Spanyol di musim berikutnya. Para punggawa yang tersering mengisi starting XI tak banyak berubah. Cuma ada satu komponen yang berganti, yaitu di sektor bek kanan.

Iker Casillas, Sergio Ramos, Pepe, Marcelo, Xabi Alonso, Cristiano Ronaldo, dan Karim Benzema adalah investasi Real Madrid sebelum Mourinho datang. Ketika The Special One masuk pada musim 2009-10, tujuh pemain ini dipertahankannya.

Plus, ditetapkannya tiga pemain baru sebagai skuad utama: Sami Khedira, Angel Di Maria, Mesut Ozil. Selebihnya, belasan bintang lain yang mengisi skuad Los Blancos menjadi pelengkap.

Perbedaan Real Madrid dalam dua tahun terakhir hanya pada sosok bek kanan. Pada awal kedatangannya, Mou menggaet anak buahnya di Porto dan Chelsea, Ricardo Carvalho. Menjadi pemain inti di musim pertama, Carvalho kemudian cedera dan kehilangan tempat.

Sebagai gantinya, ada Alvaro Arbeloa yang musim lalu tampil tangguh. Musim ini, setelah gagal mendapatkan Maicon, tampaknya sektor ini saja yang akan berubah.

10 pemain kunci di atas, kemungkinan akan terus dipakai Mou; meski mungkin saja Florentino Perez meminang bintang-bintang muda dari penjuru dunia pada musim panas kali ini. Ya, pada dasarnya kesepuluh pemain ini sudah sangat klop.

Lagipula, dari segi umur, para punggawa ini masih segar. Cuma ada Iker Casillas (31) dan Xabi Alonso (30) yang memasuki usia kepala tiga.

Pepe masih 29 tahun. Cristiano Ronaldo di angka 27, Sergio Ramos baru 26 tahun. Benzema, Khedira, Marcelo, dan Angel Di Maria menjajaki usia 24 tahun. Ozil bahkan masih 23 tahun.

Hal yang membuat rataan umur Los Blancos di awal musim 2012-2013 hanya 26,2 tahun: sebuah jaminan untuk mendapatkan gelar, tidak hanya di tahun ini, tetapi juga di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda