Scroll to Top

Tips Twitter: Panduan Menggunakan Fitur Baru Twitter Search

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 14 Jul 2012

Twitter telah memutakhirkan fitur pencarian mereka dalam menelusuri topik, hashtag, maupun pengguna dengan lebih mudah. Bilamana Anda belum memahami fitur baru tersebut, berikut tips dan panduan menggunakan fitur search Twitter tersebut.

Twitter

Pertama, Anda tak harus mengetik kata kunci atau topik secara utuh dalam kotak penelusuran Twitter. Cukup dengan kata pertama atau sebagian kata kunci dan Twitter akan menampilkan hasil yang relevan. Misalkan ketik ‘Bambang’ untuk mencari kata kunci ‘Bambang Pamungkas’.

Twitter

Di fitur penelusuran sebelumnya, ketika terjadi kesalahan pengetikan, maka Twitter akan menampilkan hasil penelusuran dalam blank page (laman kosong). Dengan fitur baru ini, Twitter akan secara otomatis mengoreksinya. Misalkan Anda mengetik ‘Gogel’ tatkala mencari ‘Google’.

Twitter

Twitter akan memberikan saran yang relevan sesuai kata kunci pencarian yang Anda masukkan. Misalkan Anda mencari kata kunci ‘Barack Obama’. Di laman penelusuran (people) Twitter akan juga menyarankan White House, Michelle Obama, atau Joe Biden. Saran ini juga termasuk mention dan hashtag.

Twitter

Di fitur pencarian baru ini, pada laman hasil penelusurannya, Twitter akan menampilkan nama sesunggunya dan username yang digunakan. Misalkan saja Anda mencari kata kunci ‘Barack Obama’. Di laman hasil penelusuran, Twitter akan menampilkan tweet yang menyematkan username @BarackObama dan tweet yang menyematkan nama ‘Barack Obama’.

Twitter

Dan yang terakhir adalah hasil penelusuran yang menyematkan dari pengguna yang Anda ikuti. Di fitur sebelumnya hasil pencarian hanya menampilkan dua kategori: top tweet dan all (semua tweet dari seluruh pengguna Twitter).

Kini muncul satu panel baru yakni People You Follow. Dengan demikian Anda bisa mengetahui kata kunci yang dikicaukan dari pengguna yang Anda ikuti. Lantas bagaimana dengan pengguna yang men-follow Anda? Sayangnya panel tersebut belum tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda