Scroll to Top

Benarkah Mangga Bermanfaat Menurunkan Kolesterol?

By C Novita / Published on Sunday, 22 Jul 2012

mangga menurunkan kolesterol

Buah mangga sangat mudah dijumpai di Indonesia, dengan berbagai macam jenisnya. Tak hanya manis, segar dan wangi, mangga juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Di antaranya, mangga dipercaya dapat menurunkan tingkat kolesterol sebab kandungan prebiotik serat makanannya tinggi. Mangga juga mengandung pektin dan vitamin C yang turut berperan dalam fungsi penurunan kolesterol tersebut.

Manfaat lain buah mangga bagi kesehatan adalah;

  • Menurunkan resiko kanker usus besar, kanker payudara, leukimia, dan juga prostat sebab kandungan antioksidan mangga tinggi.
  • Menyehatkan mata. Vitamin A, beta-caroten, alfa-caroten, flavonoid dan beta-cryptoxanthin pada mangga dapat mencegah rabun senja dan mata kering. Hampir sama dengan manfaat wortel dan beberapa buah berwarna merah/oranye lainnya.
  • Melancarkan sembelit/menyehatkan pencernaan. Serat yang ada pada mangga sangat baik untuk pencernaan. Selain itu ada enzim pada mangga yang berfungsi menghancurkan protein hingga memudahkan penyerapannya.
  • Menurunkan resiko stroke. Memakan mangga berarti juga mengkonsumsi kalium, yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengontrol detak jantung dan menstabilkan tekanan darah. Ia juga dapat membantu kadar homocystiene pada darah hingga serangan stroke dapat diminimalkan.
  • Menaikkan libido. Ini adalah efek dari vitamin E yang terkandung dalam mangga.
  • Menghaluskan kulit. Vitamin C pada mangga dapat membantu kulit beregenerasi dan tumbuh lebih halus, segar, dan cantik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda