sabily1110

Bagi pengguna sistem operasi open source Linux yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2012 tentu sudah tidak asing lagi dengan Sabily, sebuah distribusi (distro) Linux yang mengusung tema Islami.

Distro Sabily ini adalah sistem operasi Linux yang dikembangkan berdasarkan distro Ubuntu Linux. Sabily sendiri pada awal kehadirannya mengusung nama Ubuntu Moslem Edition (Ubuntu ME) yang pertama kali dirilis pada Oktober 2007 dan mulai menggunakan nama Sabily sejak versi 9.04 yang dirilis pada bulan Mei 2009.

Sabily versi terbaru dirilis adalah Sabily 11.10 yang menggunakan kode nama Uhud yang dibuat berdasarkan Ubuntu 11.10. Nama Uhud sendiri adalah nama bukit di Arab Saudi yang merupakan tempat terjadinya perang Uhud.

Sabily selalu menggunakan kode nama yang berhubungan dengan dunia Islam seperti Uhud, Badr, Manarat atau Al-Quds.

Apa Kelebihan Sabily Linux?

aplikasi islami linux

Sabily adalah distro Linux yang didesain khusus untuk umat Islam dan didalamnya telah terinstal bahasa Arab serta mengusung tampilan theme dengan nuansa Islami yang kental.

Sabily rilis 11.10 ini mengusung tampilan yang didominasi warna hijau dengan theme bernuansa Islam dan mengusung desktop Gnome Shell dan Gnome 3 Classic.

Kelebihan Sabliy dibanding distro lain adalah adanya paket aplikasi islami yang sudah terinstall didalamnya, Anda tidak perlu repot mengunduh aplikasi Islami di distro Sabily. Apa saja aplikasi Islami yang disediakan?

  • Zekr, adalah aplikasi untuk pembelajaran kitab suci Al-Quran yang didalamnya terdapat terjemahan untuk membantu memudahkan belajar sembari ngabuburit.
  • Minbar Prayer Times, adalah aplikasi Islami untuk mengingatkan waktu sholat dan juga menunjukan waktu sholat berdasarkan lokasi pengguna.
  • Monajat, aplikasi ini memiliki fungsi mirip dengan Minbar Prayer Times yaitu untuk mengingatkan ibadah sholat dan aplikasi ini akan memunculkan pop-up ketika waktu sholat tiba.
  • Webstrict, sebuah aplikasi penyaring konten web yang berfungsi untuk memblokir akses ke web porno.
  • Thwab, sebuah aplikasi sistem ensiklopedia elektronik Islam, sangat bermanfaat untuk menambah wawasan pengguna.
  • Hijra, sebuah aplikasi kalender Hijriyah atau kalender Islam.
  • Gnome Nanny, aplikasi parental control.
  • Zakat Calc, aplikasi yang dapat membantu perhitungan Zakat Mal.
minbar prayer times

Selain dilengkapi dengan perangkat lunak dan aplikasi Islami, Sabily Linux juga dilengkapi perangkat lunak untuk komputasi sehari-hari seperti aplikasi kantoran Libre Office, aplikasi grafis open source Inkscape, Scribus, VirtualBox dan banyak lagi.

Secara umum aplikasi yang dibawa distro Sabily Linux cukup lengkap dan tak hanya aplikasi Islami saja, namun juga aplikasi untuk komputasi harian yang dapat digunakan untuk bekerja.

Anda tertarik? Silahkan download distro Sabily Linux disini.