Scroll to Top

Hasil Pertandingan Olimpiade London 2012: Spanyol vs Jepang 0-1

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 26 Jul 2012

Olimpiade 2012

Spanyol secara mengejutkan ditaklukkan oleh Jepang 0-1 di pertandingan pertama Grup D cabang sepakbola Olimpiade 2012. Gol semata wayang lahir dari Yuki Otsu ketika laga berlangsung lebih dari setengah jam.

Bertempat di Hampden Park, Spanyol dan Jepang saling adu kemampuan. La Rojita memakai formasi khas negeri matador, 4-2-3-1 dengan mengandalkan Rodrigo sendirian di depan. Ia ditemani trio maut Adrian-Isco-Juan Mata. Sementara itu, Samurai Biru memakai formasi 4-4-2 yang digalang oleh bek VVV-Venlo sekaligus kapten Maya Yoshida.

Peluang emas Spanyol dibuka pada menit 14. Gelandang serang Chelsea melepaskan tembakan terukur dari luar kotak penalti untuk menguji kiper Jepang, Shuici Gonda. Upaya ini hanya berbuah tendangan sudut.

Lebih menguasai jalannya pertandingan, kebuntuan pecah bukan oleh La Rojita, melainkan dari Samurai Biru. Memanfaatkan tendangan sudut Takahiro Ogihara, Yuki Otsu melepaskan tendangan yang membuat David De Gea bertekuk lutut di menit 34.

Pertahanan La Rojita kembali bocor di menit 37 ketika Hiroshi Kiyotake berhasil menyerobot umpan pemain belakang Spanyol ke arah David De Gea. Upaya pemain Nurenberg berakhir sia-sia karena tembakannya melebar.

Spanyol semakin terpuruk ketika Inigo Martinez menerima kartu merah di menit 41 karena melanggar Kensuke Nagai. Hadiah tendangan bebas yang diambil Kogihara masih melayang di atas mistar De Gea.

Babak kedua, lagi-lagi Jepang yang lebih tajam dalam menyerang. Menit 50, tembakan sang nomor 10 Keigo Higashi, masih bisa dimentahkan oleh De Gea.

Spanyol yang berpredikat sebagai juara Eropa, kalah disiplin dari samurai biru. Serangan balik cepat yang dikreasikan anak asuh Takashi Sekizuka nyaris merobek gawang De Gea kembali di menit 57 via Kiyotake. Kejadian sama pun berulang dua menit kemudian. Sementara tim Asia begitu tenang, La Rojita semakin kehilangan daya di lapangan.

Jepang layak memenangi laga kali ini. Kecepatan, ketenangan, dan kedisiplinan mereka membuat superioritas ball possessions Spanyol mubazir. Bahkan, cuma sedikit keberuntungan yang membuat La Rojita tak terbobol untuk kedua kalinya.

Spanyol   Jepang
0 Gol 1
3 Tembakan ke Gawang 5
6 Tembakan 12
11 Pelanggaran 17
17 Terlanggar 11
6 Tendangan Sudut 4
- Offside 3
2 Kartu Kuning 1
1 Kartu Merah -
65% Possession 35%

 

Hasil Pertandingan Grup D

  • Spanyol vs Jepang 0-1 (Yuki Otsu ’34)
  • Honduras vs Meksiko 2-2 (Jerry Bengston ’56 dan ’65 pen/ Abdelaziz Barrada ’39, Zakaria Labyad ’67)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda