Scroll to Top

Ini Dia Manfaat Makan Sahur

By C Novita / Published on Friday, 03 Aug 2012

manfaat makan sahur

Puasa atau shaum tak bisa lepas dari kegiatan makan sahur, yaitu makan yang dianjurkan dilakukan sebelum waktu subuh datang. Jamnya antara pukul 02 pagi, hingga waktu imsak, yaitu sekitar 7 menit sebelum adzan subuh berkumandang.

Namun adakalanya karena lelah beraktifitas, sebagian orang enggan untuk bangun dan makan sahur. Alasannya, tanpa sahur pun mereka kuat menjalankan ibadah puasa.

Padahal dibalik makan sahur terdapat manfaat yang tersembunyi. Apa saja manfaat sahur? Berikut ini;

  • Simpanan energi untuk beraktifitas. Saat sahur, apalagi jika Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, adalah simpanan energi dan kekuatan tubuh untuk beraktifitas seharian. Puasa tak bisa jadi alasan untuk menghentikan aktifitas, dan dalam beraktifitas tubuh memerlukan energi. Dari sahurlah energi itu bisa didapatkan.
  • Menetralisir asam lambung. Bagi anda yang mengidap penyakit maag, atau yang tak mengidap penyakit tersebut sekalipun, jika perut tak diisi dengan makanan dalam waktu lama maka asam lambung akan meningkat. Sahur membantu menyeimbangkan asam lambung, hingga saat puasa di siang harinya Anda tak mengalami mual, perih dan gejala maag lainnya.
  • Berkah dan pahala. Perintah menjalankan sahur diberikan oleh Nabi Muhammad SAW, sehingga menjalankannya akan membuahkan pahala. Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa makan sahur akan membawa berkah, atau kebaikan. Sehingga dengan melakukannya, maka pahala dan berkah akan mengalir.

Tak ada alasan untuk malas bangun dan makan sahur kan, sekarang?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda