Scroll to Top

Steve Wozniak: Gunakan Cloud, Kamu Tak Miliki Apapun

By Ditya / Published on Tuesday, 07 Aug 2012

Steve Wozniak

Perkembangan teknologi komputasi dan penyimpanan awan atau yang sering disebut Cloud computing yang digadang-gadangkan sebagai solusi komputasi masa depan ternyata ditanggapi ‘mengerikan’ oleh salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak.

Sebuah acara monolog show oleh Mike Daisy dengan judul ” The Agony and the Ecstacy of Steve Jobs” yang juga membahas perkembangan masalah perkembangan cloud, Steve Wozniak tak malu untuk mengungkapkan pendapatnya.

“Akan ada banyak masalah yang mengerikan dalam lima tahun kedepan,” jawab Steve Wozniak.

Kini solusi cloud computing, cloud storage hingga streaming musik dan video makin populer. Layanan berbasis cloud computing seperti Windows Azure, eye OS dan Google Docs makin populer.

Layanan penyimpanan online atau cloud storage seperti DropBox, Google Drive, Microsoft SkyDrive atau Apple iCloud juga mulai banyak digunakan sebagai alternatif media penyimpanan yang dinilai aman dan dapat diakses melalui komputer dan perangkat manapun.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (06/08/2012), semakin banyaknya produsen dan manufaktur perangkat lunak yang menawarkan solusi berbasis awan atau cloud membuat solusi cloud makin populer.

Dengan solusi cloud, Anda tidak akan memiliki apapun sendiri. Saya ingin merasa bahwa saya memiliki sesuatu,” tambah Steve Wozniak.

Kehadiran solusi cloud mengubah kebiasaan seseorang yang biasanya mengakses langsung file-file miliknya melalui hardisk di komputer milik sendiri menjadi akses dengan model remote server.

Setelah pengguna menyimpan file-filenya di layanan cloud, pengguna harus menggunakan koneksi internet untuk mengaksesnya, jika tidak ada koneksi internet maka file milik pengguna tidak akan dapat diakses.

“Banyak orang merasa, ‘Oh semuanya benar-benar berada di komputer saya,’ tetapi saya semakin kita mentransfer segala sesuatu ke solusi cloud, semakin sedikit kontrol yang kita miliki atas file milik kita. Saya benar-benar khawatir tentang segala sesuatu yang terjadi pada solusi cloud,” tambah Steve Wozniak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda