Scroll to Top

Olimpiade London 2012 Sepak Bola: Brazil vs Korea Selatan 3-0

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 08 Aug 2012

Brazil vs Korea Selatan (3)

Tim samba Brasil berhasil memetik hasil apik dalam pertandingan semifinal cabang sepak bola Olimpiade London 2012 antara Brazil vs Korea Selatan yang berakhir dengan skor 3-0.

Mano Menezes, pelatih Brazil, sedikit mengubah taktik. Kalau dalam laga-laga sebelumnya tim Samba mengandalkan formasi 4-3-3, kali ini yang dipakai adalah 4-4-2. Cuma ada Neymar dan Leandro Damiao di depan, sementara Hulk ada di bangku cadangan. Ini adalah upaya agar Korea Selatan yang menurunkan lima gelandang sekaligus, tak menguasai lini tengah.

Setelah laga lebih banyak diwarnai dengan upaya kedua tim menguasai lini tengah, serangan sporadis Korea Selatan mulai mengancam kiper Brazil, Gabriel, setelah 10 menit berlalu. Namun, upaya Kim Hyunsung (’12) dan Ji Dongwon (’14) masih tak berbuah. Ji kembali mencoba peruntungan di menit 16, namun tembakannya masih tipis di atas gawang Brazil.

Brazil vs Korea Selatan (4)

Tim Samba berbalik menekan. Leandro Damiao yang lepas dari jebakan offside, melihat tembakan lemahnya bisa ditepis oleh Lee Bum Young di menit 19. Sementara upaya Sandro (’23) masih bisa dibendung oleh Lee yang sempat dirawat setelah berjibaku menghalau bola dari kejaran Leandro.

Perjuangan keras Brazil akhirnya menemui titik temu di menit 32. Lewat pergerakan apik, Sandro mengumpankan bola kepada Romulo yang mengarahkan bola ke sudut dekat gawang Korea Selatan. Setelah beberapa penyelamatan penting, Lee tak kuasa lagi menahan bola ‘mudah’ untuk menandai kebobolan pertamanya di Olimpiade London 2012.

Awal babak kedua, terjadi sebuah insiden. Upaya Kim Bo-Kyung masuk ke kotak penalti Brazil, diganggu oleh Sandro. Meski para pemain Korea meminta  wasit menunjuk titik putih, Pavel Kralovec bergeming. Korea Selatan gagal mengejar skor, dan gawang mereka kemudian terkoyak lagi.

Brazil vs Korea Selatan (5)

Leandro Damiao memperbesar keunggulan Brazil di menit 59. Neymar melakukan tusukan di sisi kanan pertahanan Korea Selatan. Umpannya ke tengah kotak penalti disambut oleh sang penyerang untuk menciptakan gol kelima di turnamen.

Neymar kembali menjadi hantu bagi pertahanan Korea Selatan. Aksinya menggocek bola tak terbendung oleh para pemain belakang Hong Myung-Bo dan berkat hal ini, Leandro Damiao mencetak gol keduanya di laga ini pada menit 64.

Hingga pertandingan berakhir, skor tak berubah, tetap 3-0 untuk Brazil. Pasukan Mano Menezes pun berangkat ke final dengan kepercayaan diri tinggi. Sementara, Korea Selatan harus beradu dengan Jepang untuk mendapatkan medali perunggu.

Brazil   Korea Selatan
3 Gol 0
6 Tembakan ke Gawang 1
10 Tembakan 10
21 Pelanggaran 14
2 Tendangan Sudut 4
1 Offside 1
- Kartu Kuning 1
- Kartu Merah -
48% Possession 52%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda