Scroll to Top

Apa yang Harus Dilakukan Jika Akun Anda Di-hack?

By Melissa / Published on Sunday, 12 Aug 2012

Akun Di-hack

Kasus peretasan atau hack selalu terjadi setiap saat di dunia maya.

Setelah kejadian hack besar-besaran terhadap Yahoo dan masalah keamanan di Dropbox, para pengguna internet diharapkan agar tetap berhati-hati.

Lalu, jika akun Anda sudah terlanjur di-hack, apa yang harus Anda lakukan? Jangan panik, segera ambil langkah-langkah berikut ini:

  1. Kabari teman-teman Anda di layanan media sosial lainnya bahwa akun Anda telah di-hack. Sebisa mungkin gunakan akun Anda yang telah di-hack, tentunya setelah Anda mengganti password akun tersebut.
  2. Tulislah permohonan maaf kepada teman-teman Anda yang kemungkinan mendapat link malware atau virus dari akun Anda yang di-hack. Katakan bahwa Anda sedang menangani masalah ini dan berikan link akun media sosial Anda yang lain agar mereka tetap dapat mengikuti updates dari Anda.
  3. Hubungi layanan jejaring sosial Anda yang di-hack agar mereka segera menutup akun Anda.
  4. Setelah masalah ini selesai ditangani, berikan pengumuman di blog atau media sosial lainnya untuk mengklarifikasi bahwa akun Anda di-hack dan luruskan pernyataan-pernyataan menyesatkan yang mungkin telah dilakukan oleh hacker akun Anda.
  5. Cari tahu mengapa Anda bisa di-hack dan cegah agar peretasan itu tidak terjadi lagi.

Akun yang di-hack merupakan masalah yang serius, terutama jika hacker tersebut menyebar virus berbahaya atau menyebarkan berita miring mengenai orang lain dan menjelek-jelekkan diri Anda.

Terus tingkatkan kewaspadaan dalam menggunakan internet agar kejadian ini tidak menimpa akun Anda.

(vía Social Media Today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda